Saham Tol Harus Dipertahankan

384

SEMARANG – Rencana PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) untuk menjual saham jalan tol Semarang-Solo membuat DPRD Jateng angkat bicara. Dewan berharap, agar saham tetap dipertahankan dan jangan sampai dijual.

”Saham itu harusnya tetap dipertahankan. Karena ini nanti akan bermanfaat ke depan,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono. Ia berharap Pemprov Jateng mengambil langkah cepat untuk mempertahankan saham jalan tol Semarang-Solo ruas Semarang-Bawen tersebut. Meski begitu, ia tidak mempersoalkan alasan penjualan karena saham yang terus terdelusi akibat tidak mampu menambah modalnya ke PT Trans Marga Jateng (TMJ), sebagai pengelola jalan tol tersebut. ”Kami di DPRD Jateng siap untuk mendorong masalah kebutuhan pendanaannya. Meski juga harus melihat kemampuan APBD,” imbuhnya.

Saham milik BUMD ini semula 40 persen. Kemudian turun 10 persen dan turun lagi 3,9 persen pada 2014. Bahkan saat ini tinggal 26,1 persen. Saham akan dijual semuanya, mengingat kewenangan pemilik saham di bawah 25 persen sama dengan nol persen. Ketika saham terjual semuanya, otomatis PT SPJT tidak akan memiliki power lagi dalam pengelolaan jalan tol Semarang-Bawen. ”Mestinya pemerintah tetap menjadi pemilik saham itu. Jangan semua kemudian dijual,” tambahnya. (fth/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.