Senam dan Silat Ketat

382

SEMARANG – Kecamatan Gunungpati keluar sebagai juara umum cabang senam pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat SD Kota Semarang yang berlangsung di Laboratorium Olahraga Unnes, Minggu (22/2).

Daerah tersebut meraih delapan emas, empat perak, dan satu perunggu. Posisi kedua diraih Kecamatan Semarang Utara dengan tiga emas dan empat perak. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Kecamatan Gajahmungkur dengan tiga emas, tiga perak, dan dua perunggu. Cabang senam sendiri diikuti tujuh kecamatan dan memperlombakan dua kategori yakni artistik dan ritmik.

Untuk artistik digelar lima mata lomba yaitu lantai, beam, meja lompat, serba bisa, dan beregu bvaik putra maupun putri. Kemudian ritmik memperlombakan freehand, tali, hoop, bola, serba bisa, dan beregu hanya untuk putri saja.

Panitia penyelanggara Elly Puji K menyatakan, Popda SD Kota Semarang ini sekaligus persiapan untuk level Jateng di tingkat yang sama. Pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemkot Semarang dalam hal ini Dinsospora. ”Secara umum kualitas pesenam muda yang tampil merata. Memang Gunungpati masih menjadi sentra pembinaan pesenam muda di kota ini,” tutur Elly usai kegiatan.

Sementara untuk cabor pencak silat di ajang yang sama, pesilat Muhammad Lutfan Afrianto dari SDN Kalicari 02 dan Herlisa Kartika Jati dari SDN Banyumanik 02 memetik medali emas dalam lomba yang digelar di Aula SMPN 10 Semarang, Jumat.

Popda untuk cabang pencak silat tingkat SD ini hanya mempertandingkan nomor seni tunggal putra dan putri. Nomor seni ini cukup sulit dan rumit. Setiap pesilat harus mampu tampil prima selama tiga menit. Mereka diwajibkan memainkan aneka jurus serangan dan hindaran mulai dari tangan kosong, senjata golok, dan terakhir senjata toya (tongkat panjang). “Para pesilat yang berlaga mewakili UPTD Dinas Pendidikan setiap kecamatan di Semarang. Semua berjalan lancar. Dari sini banyak terlihat bibit-bibit pesilat unggulan. Mereka sudah bisa menjiwai jurus silat yang mereka bawakan,” kata Ketua Pertandingan Tri Martono. (bas/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.