Dachirin Siap Maju Lagi di Pilgub

308

DEMAK – Suhu politik di Kabapaten ternyata semakin memanas. Sejumlah parpol mulai ramai-ramai untuk mencalonkan kepala daerah. Bahkan sejumlah tokoh sudah menyatakan kesiapan diri untuk maju dalam pilkada desember 2015 mendatang.

Bupati Demak, Dachirin Said mengaku saat ini ia masih berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugasnya sebagai bupati hingga akhir masa jabatan Mei 2016 mendatang. Meski demikian, bupati juga siap taat aturan bila ternyata masa jabatannya dipersingkat hingga Desember. “Kalau aturannya begitu, tentu saya lebih senang karena beban berkurang. Kita ikut aturan saja bagaimana. Mau tidak mau karena memang ada pilkada serentak ini. Yang jelas, saya tetap konsentrasi menyelesaikan tugas saya sampai selesai sesuai visi misi yang ada,” kata Bupati Dachirin, kemarin.

Lantas apakah akan maju mencalonkan diri sebagai bupati lagi pada pilkada 2015 nanti?. “Ya, maju lah. Masak mundur. Maju (lagi) ya Alhamdulillah,” jawab bupati diplomatis sembari tersenyum.

Sementara itu, menanggapi soal anggaran pilkada 2015 ini, Bupati Dachirin Said mengatakan, hingga kini pemkab masih menunggu dasar hukum yang pasti. Untuk pilkada Demak berdasarkan perkiraan tidak mungkin melalui APBD Perubahan. Sebab, waktu makin mepet dan dalam waktu bersamaan tahapan pilkada sudah harus berjalan sekitar Juli. Sedangkan, bila memakai dana talangan juga bisa menjadi persoalan tersendiri.

Menyikapi masalah ini, Bupati Dachirin Said akan membicarakan bersama dengan KPUD maupun DPRD setempat. “Soal anggaran pilkada ini memang ada persoalan. Kita masih menunggu dasar hukum dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kalau dipaksanakan dianggarkan pada APBD perubahan, KPUD kasihan. Anggaran Rp 4,1 miliar tidak cukup. Memang harus ada payung hukum dulu. Kita tunggu itu,” tambahnya.

Menurutnya, persoalan soal anggaran pilkada yang mepet ini juga dialami daerah lain yang ikut pilkada serentak semester 1 tersebut, termasuk kabupaten Pekalongan. “Tapi, Insya Allah ada solusi. Saya yakin itu,” tambahnya. (hib/fth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.