Mustamsikin Siap Lawan Widya

338

KENDAL – Isu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal semakin memanas. Memasuki Pilkada 2015, semakin banyak nama-nama calon yang muncul. Bahkan Wakil Bupati Mustamsikin bertekad akan mencalonkan diri sebagai Bupati. Mustamsikin mengatakan siap bersaing dengan Bupati Kendal aktif Widya Kandi Susanti. Meskipun dalam Pilkada 2009, dirinya maju bersama Widya Kandsi Susanti sebagai wakil. Yakni sebagai pasangan ‘Yakin’ (Widya Mustamsikin).

Kepercayaan dirinya untuk maju, diakunya lantaran sudah ada beberapa petinggi partai politik (Parpol) di Kendal yang memberikan bisikan agar dirinya maju sebagai calon Bupati Kendal dalam Pilkada 2015. “Ada lima partai yang sudah berkomunikasi dengan saya dan dan lima partai itu siap mendukung saya untuk maju dalam Pilkada. Jadi saya juga siap jika nanti diajukan sebagai calon Bupati oleh lima parpol tersebut,” katanya, Senin (23/2) kemarin.

Mustamsikin enggan membeber secara jelas parpol apa yang bakal mengusungnya. “Nantilah jika sudah waktunya dan saya dicalonkan pasti juga akan tahu sendiri,” imbuhnya. Mustamsikin sendiri saat ini bukan dari kader parpol. Meski begitu, dalam dunia politik, ia pernah aktif sebagai kader Parpol PKB. Yakni pada saat mendaftar sebagai Wakil Bupati Kendal mendampingi Widya Kandi dalam Pilkada 2009. Tapi dalam perjalanan Mustamsikin mengundurkan dari kepengurusan PKB dan memilih menjadi non parpol.

Kondisi tersebut menurutnya, jika nantinya tidak memperoleh dukungan partai maka Mustamsikin tidak dapat maju sebagai calon bupati. Kecuali ia maju sebagai calon independen. “Tapi kalau tidak mendapatkan dukungan lima parpol, sepertinya tidak bakal maju sebagai calon independen,” tambahnya.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB, Syamsul Huda mengatakan, sejauh ini partai sudah membentuk tim desk Pilkada. Sejauh ini, tim desk pilkada yang dibentuk DPC PKB sudah mulai mencari dan mengakomodir calon bupati.

PKB berkomitmen akan mengusung calon bupati sendiri pada pilkada Kendal nanti. Menurutnya peluang PKB untuk memenangkan Pilbup Kendal sangatlah mungkin. Hal itu melihat basis masyarakat Kendal yang juga didominasi beragama Islam dengan kultur warga Nahdiyin NU.

Ketua Tim Desk Pilkada PKB, Turmudzi menambahkan jika PKB kemungkinan akan menggunakan Koalisi Merah Putih (KMP) yang sudah terbentuk untuk strategi di Pilkada Kendal.

Sejauh ini, sejumlah nama calon Bupati yang bakal masuk di KMP salah satunya Mustamsikin. Nama-nama lainnya yang masuk ke KMP adalah Ustadz Ali Nuruddin, Ketua DPC PKB Beni Karnadi, dan salah satu aparat petinggi TNI di Kendal. “Tapi siapa calonnya nanti yang akan belum diputuskan. Sebab nanti masih akan rapatkan dan diputuskan melalui rapat antar parpol koalisi,” katanya.

Bupati Kendal mengaku jika dirinya saat ini hanya menunggu rekomendasi dari DPP yakni atas nama-nama yang diusulkan sebagai calon Bupati dari DPC PDIP Kendal. “Proses penjaringan sudah selesai dan sudah diajukan, kini tinggal menunggu rekomendasi saja,” akunya. (bud/fth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.