Cinta Tanah Air Mulai Memudar

853
KH Munif Zuhri. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)
KH Munif Zuhri. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)
KH Munif Zuhri. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)

DEMAK – Cinta terhadap tanah air kini mulai dilupakan oleh generasi penerus. Bahkan, mereka sudah tidak tahu sedang tinggal di mana. Demikian disampaikan Pengasuh Ponpes Girikusumo Mranggen, KH Munif Zuhri.

Menurutnya, cinta tanah air merupakan sebagian dari iman atau yang disebut Hubbul Waton Minal Iman. Namun, karena cinta tanah air makin merosot, tentu kadar keimanan juga ikut mengalami penurunan. “Disekolah-sekolah sekarang itu mulai TK hingga SMA, kalau pagi ada program pembacaan Asmaul Husna. Sebaliknya, lagu-lagu patriotisme seperti padamu negeri yang mencerminkan cinta tanah air tidak terdengar lagi,” katanya.

Dia menuturkan, betapa pentingnya cinta tanah air untuk ditularkan ke generasi muda, utamanya anak-anak sekolah. “Saya pernah berdebat dengan kakak saya yang alumni Madinah. Saya bilang, kalau kita tidak mikir tanah air, maka kita tidak mikir negara. Pun, kalau kita tidak mikir negara, tentu tidak mikir rakyat. Dia pun akhirnya tahu, bahwa menanamkan sikap patriotisme ini sangat penting untuk kelangsungan tanah air kita,”katanya. (hib/fth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.