Kakap Non Daging, Bermanfaat Bagi Kesehatan

531
MENIKMATI KAKAP : Sejumlah pelanggan terlihat menikmati hidangan gulai kakap non daging di warung Pan Oetoet Kecamatan Kajen. (FAIZ URHANUL HILAL/RADAR SEMARANG)
MENIKMATI KAKAP : Sejumlah pelanggan terlihat menikmati hidangan gulai kakap non daging di warung Pan Oetoet Kecamatan Kajen. (FAIZ URHANUL HILAL/RADAR SEMARANG)
MENIKMATI KAKAP : Sejumlah pelanggan terlihat menikmati hidangan gulai kakap non daging di warung Pan Oetoet Kecamatan Kajen. (FAIZ URHANUL HILAL/RADAR SEMARANG)

Kuliner gulai kakap di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ini, hanya menyajikan tulang, sirip dan kepala ikan saja. Sedangkan dagingnya, tidak. Kok?

FAIZ URHANUL HILAL, Kajen

BAGI masyarakat Kajen Kabupaten Pekalongan, gulai kakap tanpa daging di warung Pak Oetoet, tersebut sudah cukup familiar. Masakan ini juga tidak langsung tersedia dalam bentuk gulai, baru dibuat berdasarkan pesanan. Alasannya, untuk menjaga kesegaran ikan kakap yang menjadi bahan dasar masakan dan bisa lebih bermanfaat bagi kesehatan.

“Cara memasaknya seperti membuat gulai pada umumnya. Yakni, memisahkan ikan kakap dari dagingnya. Tapi memang, serpihan daging sengaja ditinggalkan melekat pada tulang di badan ikan tersebut,” kata pengelola warung, Turiyah, 40, kepada Radar Semarang.

Terkait bumbu, berasal dari bahan rempah-rempah yang kemudian direbus. Setelah itu, ikan kakap yang tinggal kepala dan tulang dimasukkan ke dalam campuran bumbu dan air yang sudah matang. Dengan intensitas kematangan yang tepat, gulai ikan kakap siap dihidangkan. “Tentu saja dengan racikan bumbu rahasia. Yang menjadikannya istimewa, rempahnya komplit, sehingga sedap,” jerasnya ringan.

Selama tiga tahun menekuni gulai kakap, kata Turiyah, jumlah pelanggan meningkat. Rata-rata pengunjung terpuaskan lantaran tidak ada dagingnya. Tapi lebih menikmati kuahnya yang segar. “Sehari rata-rata 150 ekor kepala kakap,” katanya sembari tersenyum.

Turiyah mengakui ada yang menganggapnya eman-eman (sayang, red) dengan dagingnya. Padahal, jika dilihat dari manfaat, tulang dan kepala ikan kakap lebih banyak mengandung khasiat bagi tubuh. Di antaranya kandungan Asam Amino, Omega 3 dan Omega 6 serta Vitamin B kompleks. Bukan hanya itu, kandungan taurin dan selenium juga terdapat di dalamnya. Kedua zat tersebut sangat penting untuk perkembangan otak, terutama anak-anak dalam usia pertumbuhan.

Sedangkan sirip ikan kakap sendiri bisa bermanfaat untuk mengatasi gejala kelumpuhan ringan. Karena banyak mengandung kalsium dan fosfor, yakni zat yang digunakan untuk bahan pengobatan alternatif pemulihan kekuatan tulang.

Protein juga terdapat pada otak kakap yang mempercepat pemulihan pascaoperasi. “Dagingnya (ikan kakap, red) tidak dibuang, tetap dihidangkan sebagai pelezat, penggugah selera saja,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi para pelanggan menikmati gulai kakap non daging tersebut mempunyai tantangan tersendiri. Salah satunya Guntur Tri Harjani, warga Jawa Barat yang kebetulan sedang menikmati gulai kakap di sebuah meja.

Bersama sejumlah rekannya, Tri, sapaan akrab anggota Polri ini terlihat menikmati hidangan kakap tak berdaging.
“Menyantap gulai kakap tanpa daging bisa digunakan sebagai tes kepribadian. Sebab, menikmati sajian tersebut dibutuhkan kesabaran dan kejelian terutama ketika mengambil serpihan daging yang terselip di sela-sela tulang. Bahkan tulang ikan pun terkadang ikut pula dicicipi, disesap atau dikunyah,” tuturnya.

Menurutnya, orang yang sabar dan jeli, pasti sangat menikmati hidangan istimewa ini. Tantangannya saat menyisir daging di sela tulang-tulang, sekaligus tulang-tulangnya. “Karena disitulah meresapnya bumbu rempah-rempahnya,” ungkap pelanggan yang sudah tiga kali menikmati sajian gulai kakap tersebut.

Pelanggan lainnya, Robby, 33, warga Pekalongan mengatakan bahwa menikmati kakap tanpa daging hampir sama di semua tempat. Yang membedakan adalah cita rasa. “Saya dari dulu penggila kakap. Kalau bumbunya meresap, jadi ada manisnya, pedasnya, terasa alami dan mantab,” ujarnya. (*/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.