Aset KSP Artha Mulia Tumbuh 23 Persen

528

SEMARANG- Sepanjang 2014, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Artha Mulia mencatat pertumbuhan aset hingga 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini, total aset yang dibukukan mencapai Rp 220,27 miliar, atau meningkat Rp 41,15 miliar.

Ketua KSP Artha Mulia, Handoko Adi Mulyo mengatakan, pertumbuhan aset didorong makin tingginya simpanan anggota dan modal penyertaan. Selain itu, lonjakan aset juga didukung oleh pinjaman dari lembaga keuangan lain, seperti LPDB, Bank BNI, dan Bank Andra. “Saat ini KSP Artha Mulia telah memiliki dana simpanan Rp 119,64 miliar. Adapun total pinjaman yang diberikan saat ini sebesar Rp 191,64 miliar,” katanya, saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2014, di Majesty Semarang, Sabtu (28/2).

Menurutnya, atas kinerja yang terus membaik, KSP yang berdiri sejak 8 tahun silam ini kembali memperoleh penilaian ‘Sehat’ dengan nilai 87.00 dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Selama lima tahun berturut-turut, sejak tahun 2008 kategori tersebut telah didapatkan, dengan skor yang terus meningkat. “Pinjaman sebagai sumber pendapatan utama bagi KSP Artha Mulia mengalami pertumbuhan yang sangat baik selama 5 tahun terakhir,” ungkapnya.

Ditambahkan, total pencairan pinjaman pada tahun 2014 adalah sebesar Rp 245,84 miliar yang diberikan kepada 6.431 anggota. Volume pinjaman ini mengalami kenaikan 11,6 persen dari Rp 220,28 miliar di tahun 2013 yang disalurkan kepada 6.362 anggota. “Pinjaman tersebut disalurkan melalui 15 kantor, terdiri dari 14 cabang dan 1 cabang pembantu yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Banten. Sementara jumlah anggota yang dilayani mencapai sekitar 7.000 orang anggota, dengan mayoritas UMKM,” imbuhnya.

Dari penyaluran tersebut, lanjutnya, kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) gross-nya masih terkendali di angka 3,02 persen. Angka tersebut bahkan telah meningkat 0,07 persen ketimbang tahun lalu. “Tahun 2014 yang lalu, kami juga mendapatkan lagi satu pernghargaan sebagai pemenang untuk kategori memiliki ratio keuangan terbaik dalam penganugrahan KSP Award 2014 yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM RI,” ujarnya.

Sementara, pada tahun ini KSP Artha Mulia tetap memfokuskan pada UMKM, khususnya di sektor pertanian dan perdagangan. Pelaku UMKM memberikan kontribusi sekitar 70 persen dari total penyaluran pinjaman. “UMKM masih sangat prospektif sekali untuk diberdayakan, seperti kerajinan di Klaten, konveksi di Semarang, maupun batu alam di Magelang,” tandasnya. (aln/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.