Enam Parpol Siap Deklarasi Koalisi

347
Agung Priyambodo. (M. RIZAL K/RADAR SEMARANG)
Agung Priyambodo. (M. RIZAL K/RADAR SEMARANG)
Agung Priyambodo. (M. RIZAL K/RADAR SEMARANG)

BALAI KOTA – Koalisi rumah besar untuk Kota Semarang terdiri atas enam partai politik (parpol) segera dideklarasikan. Setelah melalui proses konsolidasi panjang antar pimpinan parpol, kesepahaman visi misi untuk menyongsong pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) 2015 akan dituangkan dalam MoU, yang rencananya dilakukan minggu ini.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Kota Semarang Agung Priyambodo, kemarin (3/3). Menurut Agung, selama ini enam partai, yakni Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar, PAN, dan PPP, telah menggelar konsolidasi secara intensif untuk menyamakan visi misi. Pihaknya optimis enam partai tersebut memiliki kesepahaman untuk membangun Kota Semarang ke arah yang lebih baik. ”Insya Allah minggu ini (deklarasi, Red),” tegas anggota Komisi B DPRD Kota Semarang ini kepada Radar Semarang.

Sebelum deklarasi, lanjut Agung, para pimpinan parpol akan menggelar pertemuan kembali pada Rabu (4/3) malam ini. Inti pertemuan tersebut untuk memantapkan kesepahaman. ”Pertemuan terakhir para ketua akan disepakati besok malam (malam ini). Untuk memantapkan poin-poin kesepahaman,” tandasnya.

Ketua DPC PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto menyatakan, hingga saat ini masih melakukan komunikasi intensif dengan enam partai tersebut. Pihaknya berharap dalam bertemuan selanjutnya, kesepahaman visi dan misi semakin kuat. ”Semoga memiliki kesamaan visi dan misi untuk membuat Kota Semarang menjadi lebih baik lagi,” tegasnya.

Dengan terbentuknya koalisi tersebut maka prediksi Pilwalkot Semarang 2015 hanya diramaikan dua pasangan calon wali kota dan wawali, bakal semakin kuat. Head to head dengan calon yang diusung PDIP beserta partai yang turut bergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Dua partai yang selama ini merapat ke PDIP adalah PKB dan Nasdem.

Prediksi itu juga diperkuat, pakar politik pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Undip Semarang, Teguh Yuwono. Menurutnya, dengan aturan calon wali kota harus berpasangan dengan wakil wali kota, dan koalisi partai harus ada rekomendasi dari dewan pengurus pusat partai (DPP), maka Pilwalkot Semarang 2015 diperkirakan hanya bakal ada dua pasangan calon. Yakni, pasangan incumbent yang akan diusung PDIP bersama mungkin partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), dan pasangan yang diusung oleh partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

”Jika hanya dua pasangan calon ini terjadi, maka kompetisi dalam Pilwalkot Semarang nanti akan sangat menarik, peluangnya sama sehingga kompetisi akan lebih sengit,” katanya. (zal/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.