MAN 1 Menangi Ajang Lesenas

376
SELEKSI: Pelaksanaan Seleksi Lawatan Sejarah tingkat Kota Magelang yang digelar di kampus Untidar. (IST)
SELEKSI: Pelaksanaan Seleksi Lawatan Sejarah tingkat Kota Magelang yang digelar di kampus Untidar. (IST)
SELEKSI: Pelaksanaan Seleksi Lawatan Sejarah tingkat Kota Magelang yang digelar di kampus Untidar. (IST)

MAGELANG—Universitas Tidar (Untidar) Magelang kemarin menggelar Seleksi Lawatan Sejarah (Lesenas) tingkat kota di auditorium kampus. Tujuan kegiatan tersebut, untuk mempertautkan suku-suku yang ada di Indonesia. Sebab saat ini kondisi bangsa mulai menunjukkan gejala disintegrasi.

Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan Disporabudpar Kota Magelang Sugeng Priyadi menyampaikan, “Kebanyakan orang belajar sejarah hanya melalui buku-buku teks. Nah, lawatan ini adalah cara untuk membuat sejarah bisa dinikmati seolah kita sendiri yang mengalami.”

Ketua Pelaksana Kegiatan Valentina Ndaru melaporkan, kegiatan tersebut diikuti 25 peserta dari berbagai SMA/SMK/MA se-Kota Magelang. Lasenas merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Biasanya, perwakilan pelajar yang mengikuti Lawatan Sejarah Tingkat Jawa Tengah, langsung ditunjuk tanpa melalui seleksi.

“Untuk tahun ini, seleksi diadakan untuk memberi kesempatan kepada pelajar SMA/SMK/MA di Kota Magelang untuk berkompetisi secara fair. Dalam seleksi kali ini, 2 terbaik akan mewakili Kota Magelang ke tingkat Jawa Tengah.”

Valentina menambahkan, nantinya para pemenang tingkat Jawa Tengah akan berlaga di tingkat nasional. Hasil seleksi, juara 1 pelajar MAN 1 Kota Magelang, peringkat 2 SMA Negeri 4 Magelang, dan peringkat 3 SMK Negeri 1 Kota Magelang.

Peringkat 4 SMK Negeri 1 dan peringkat 5 SMA Negeri 1 Kota Magelang. Selanjutnya, 2 peringkat teratas, diwajibkan segera menyelesaikan karya tulis mereka dan maju ke tingkat Jawa Tengah.

Juri kegiatan tersebut, Budiyono, dosen FKIP Untidar; Kuntjoro, dosen FISIP Untidar; dan perwakilan pers, Indra Garuda. (mg2/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.