Rutin Patroli, Waspadai Begal di Perbatasan

342

UNGARAN-Jajaran Polres Semarang mulai mengantisipasi serangan kelompok begal dengan melakukan operasi tindak kejahatan dan premanisme. Menyusul beredarnya informasi dan broadcast via BBM yang menyebutkan bahwa para begal akan melakukan aksi balasan karena ada begal tewas dibakar massa di Tangerang beberapa waktu lalu.

Kapolres Semarang AKBP Muslimin Ahmad meminta masyarakat tidak resah dengan kabar tersebut. Sebab pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika ada pelaku kejahatan. Selain itu, akan melakukan operasi premanisme dan aksi kejahatan.

Kapolres juga meminta agar anggotanya menjaga keselamatan pribadinya dalam melakukan tugas. Minimal dua sampai tiga petugas berpatroli, selain itu harus melengkapi diri dengan perlengkapan keamanan atau keselamatan sesuai standar operational prosedur (SOP) Polri.

“Kami sudah memerintahkan seluruh jajaran untuk melaksanakan patroli keamanan dan ketertiban di tiap wilayahnya sesering mungkin. Kami juga mengimbau agar anggota juga mengutamakan keselamatan pribadi. Misal, berpatroli jangan sendirian harus ada teman,” kata Kapolres, Rabu (4/3) kemarin.

Ditambahkan Kapolres, masyarakat juga diminta cepat melapor jika mencurigai, mengetahui atau menjadi korban kriminalitas. Sebab kecepatan melapor akan mempermudah dalam pengungkapan atau penangkapan para pelaku kejahatan.

Kapolres menyebutkan daerah rawan kejahatan begal biasanya di perbatasan yang masih sepi penduduk, hingga kawasan industri. “Saling komunikasi sangat penting, agar segala potensi tindak kriminalitas atau kejahatan dapat segera tertangani cepat dan tepat,” imbuhnya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Semarang Kompol Dax Emmanuelle Samson Manuputy mengatakan bahwa operasi yang digelar tersebut akan mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan. Seperti operasi yang digelar Minggu (1/3) lalu di Lemah Abang Bergas berhasil mengamankan 28 sepeda motor. “Razia serupa akan kami laksanakan terus secara acak dan rutin di tiap Minggu,” imbuhnya. (tyo/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.