DPP Ancam Cabut Hak Pilih

417
Foto : Ricky fitriyanto/radar semarang

“Nah jika masih belum juga sepakat, para calon akan dihukum dengan diambil alih haknya untuk memilih. Selanjutnya DPP yang akan menentukan Ketua DPC terpilih,”

Foto : Ricky fitriyanto/radar semarang
Foto : Ricky fitriyanto/radar semarang

Agustina Wilujeng, Sekretaris DPD PDIP Jateng

SEMARANG – Konferensi cabang (Konfercab) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se Jateng yang akan digelar hari ini, Sabtu (7/3) akan menjadi ujian soliditas pengurus partai di kabupaten/kota. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut mengultimatum akan mencabut hak pilih jika pengurus gagal membentuk kepengurusan dari 3 nama calon Ketua DPC yang direkomendasikan DPP.

Konfercab PDIP akan digelar mulai pagi ini di Panti Marhaenis, kantor DPD PDIP Jateng. Kegiatan ini bakal diikuti oleh setidaknya 2.000 kader PDIP yang ada di Jateng. Konfercab sendiri bakal dibagi menjadi tiga tahapan, karena banyaknya agenda yang bakal dibahas.

Sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng mengatakan, Konfercab untuk memilih calon Ketua DPC PDIP se Jateng. Untuk pemilihan sendiri dilakukan secara musyawarah mufakat. “Untuk pemilihannya nanti tidak ada voting. Ada tiga nama yang direkomendasikan dari DPP. Semuanya masih rahasia, besok amplop tertutup berisi rekomendasi baru akan dibuka,” katanya, kemarin.

Menurutnya, tahapan pemilihan calon Ketua DPC akan dimulai setelah 3 nama calon yang menjadi rekomendasi DPP diumumkan. Setelah itu, ketiga nama harus melakukan musyawarah mufakat untuk menentukan Ketua DPC. Bila alot, penentuan Ketua akan diserahkan utusan DPC yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC setempat. “Nah jika masih belum juga sepakat, para calon akan dihukum dengan diambil alih haknya untuk memilih. Selanjutnya DPP yang akan menentukan Ketua DPC terpilih,” ujarnya didampingi Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Nuniek Sriyuningsih dan Soetjipto.

Salah satu syarat Konfercab yaitu Musancab sudah harus rampung minimal 2/3 dari kepengurusan. Saat ini, dari 35 daerah setidaknya sudah ada 31 yang menyelesaikan Musancab. Sedangkan empat daerah belum yakni Kabupaten Klaten, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purworejo dan Kota Surakarta. “Empat daerah sedang proses Musancab. Dan secepatnya selesai,” imbuhnya.

Nuniek menambahkan, salah satu alasan digelar Konfercab serentak adalah untuk efisiensi waktu. Sebab, selama ini ketika Konfercab dilakukan per daerah rampungnya bisa sampai enam sampai satu tahun. “Tidak hanya di Jateng, di daerah lagi juga dilakukan serentak,” tambahnya. Partai juga mengejar tenggat waktu. Sebab Kongres PDIP akan digelar di Bali pada April nanti.

Dalam memperebutkan posisi Ketua DPC setidaknya ada sebanyak 745 kader PDIP yang mengikuti seleksi tes tertulis. Mereka yang dicalonkan, selain mengikuti tes tertulis juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti memiliki masa jabatan lebih dari 5 tahun, tidak pernah dicalonkan partai lain baik dalam pilleg maupun pilkada. “Selain itu juga sedang tidak menjalani sanksi,” tambahnya. (fth/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.