Dua Kandidat Segera Tersisih

335

TEMBALANG – Pelaksanaan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Diponegoro (Undip) kini telah memasuki tahap penyeleksian. Saat ditemui Radar Semarang, Rektor Undip, Sudharto P Hadi mengatakan, tahapan penjaringan pada pilrek telah dilakukan pada 5 bakal calon (balon).

“Sekarang sudah selesai penjaringan dan sudah mendapatkan bakal calon. Pada tanggal 17 Maret nanti, pemilihan tahap pertama untuk menyeleksi 5 balon menjadi 3 calon,” ujar Sudharto saat ditemui usai serah terima bantuan di kampus Tembalang, Jumat (6/3).

Dikatakan Sudharto, tiga calon yang lolos penyaringan akan dilaporkan kepada Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi, Muhamad Nasir. Sehingga pada tanggal 2 April dapat dilakukan pengundian nomor urut ketiga calon tersebut.

Menuarut Sudharto semua calon memiliki peluang yang sama. Hal tersebut dikarenakan ke semua calon tersebut merupakan putra terbaik Undip. “Mereka putra-putra terbaik dari Undip, yang lahir dan besar di Undip. Mereka semua baik. Saya kira keputusan diserahkan kepada senat saja sehingga nantinya dihasilkan putra terbaik Undip yang akan memimpin undip ke depan,” ujar Sudharto.

Seperti pelaksanaan Pilrek Undip sebelumnya, besarnya suara Menteri dalam pemilihan yaitu sebesar 35 persen. Sementara itu, acuan peraturan dalam pelaksanaan Pilrek sendiri berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 1 tahun 2015 tentang Pimpinan Universitas Negeri serta Peraturan Rektor Nomor 2 tahun 2015.“Kita semua di Undip berharap dalam pelaksanaan pilrek kali ini dapat berjalan lancar dan penuh kedamaian serta dalam suasana yang sejuk. Selain itu, pada pilrek ini kita juga berharap dapat menghasilkan rektor yang terbaik,” lanjutnya.

Nama balon yang sudah terdaftar akan mengikuti Pilrek Undip antara lain Slamet Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Mokh Arifin dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Yos Johan Utama dari Fakultas Hukum (FH), Ocky Karna Rajasa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Muhammad Nur dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

Salahsatu calon yang berhasil ditemui koran ini, Mokh Arifin mengatakan saat ini Undip membutuhkan figur pemimpin yang dapat membawa universitas itu menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga, lanjut Arifin, hal tersebut sangat tepat jika dalam pilrek kali ini alternatifnya banyak karena ada 5 balon.“Semakin banyak yang menawarkan diri untuk menjadi rektor, itu merupakan sesuatu hal yang positif. Sehingga kalau kita memilih satu diantara dua itu kan lebih sulit, jika harus memilih satu diantara 5 itu jauh lebih mudah,” ujar Dekan FPP itu. (ewb/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.