Museum Kebangkitan Nasional Hadir di Semarang

393

SEMARANG – Museum Kebangkitan Nasional hadir di kota Semarang. Masyarakat dapat menikmati sejumlah koleksinya yang dipamerkan di Museum Ranggawarsita sejak kemarin hingga 13 Maret mendatang.

Pameran mengambil tema seputar pergerakan nasional yang terjadi di negeri ini. Penyampaian informasi mengenai kebangkitan nasional dikemas dalam berbagai format, mulai dari baliho, koleksi benda hingga permainan ular tangga.

Museum yang berlokasi di Jakarta ini membawa koleksi benda seperti tas kerja dokter R Angka. Berdasarkan keterangan singkat menyebutkan Dokter R Angka adalah pelajar Stovia yang ikut mendirikan organisasi Boedi Oetomo tanggal 2 Mei 1908. Setelah lulus Stovia dan menjadi dokter tas ini biasa digunakan dalam melakukan kegiatan kedokteran.

Kemudian ada permainan unik untuk menguji pengetahuan pengunjung. Permainan seperti ular tangga ini menggunakan dadu dan pion. Pion yang melewati titik tertentu wajib menjawab pertanyaan seputar pergerakan nasional. Pengunjung yang berhasil menjawab bisa melanjutkan ke titik berikutnya hingga mencapai titik finish yaitu Stovia. “Informasi Kebangkitan Nasional dinilai penting bagi generasi muda karena merupakan pertanda dimulainya era baru bagi pemuda Indonesia. Penyebaran untuk menanamkan nilai generasi muda terhadap sejarah pergerakan Indonesia,” ujar Kepala Museum Kebangkitan Nasional Tjahjo Purnomo mengungkapkan, usai pembukaan pameran.

Ia menambahkan, pameran Keliling di Indonesia sudah dan akan mengunjungi beberapa daerah seperti Kalsel, Sumut, Kalteng, Semarang, Sulteng. Tiap kunjungan di masing-masing daerah ditargetkan mencapai 7.000 orang. “Dengan adanya pameran ini kami berharap generasi muda bisa mewarisi nilai perjuangan tokoh perjuangan Indonesia,” tandasnya. (dna/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.