Meski Minim Fasilitas, Tetap Jadi Idola

399
POTENSI TRESEMBUNYI - Pantai Larangan menghadirkan potensi alam tersembunyi yang bisa menjadi andalan bagi warga sekitar. (ROCHMAN GUNAWAN/RATEG)
POTENSI TRESEMBUNYI - Pantai Larangan menghadirkan potensi alam tersembunyi yang bisa menjadi andalan bagi warga sekitar. (ROCHMAN GUNAWAN/RATEG)
POTENSI TRESEMBUNYI – Pantai Larangan menghadirkan potensi alam tersembunyi yang bisa menjadi andalan bagi warga sekitar. (ROCHMAN GUNAWAN/RATEG)

Menikmati keindahan pantai di pagi atau sore hari, tentu akan menghadirkan pengalaman yang tidak terlupakan. Salah satunya di pesisir Pantai Larangan, Kabupaten Tegal. Seperti apa?

R GUNAWAN, Tegal

DEBURAN ombak pantai utara Jawa, Rabu (11/3) kemarin, tidak terlalu bersahabat bagi kalangan nelayan. Ombak besar dan angin kencang terasa hingga di bibir pantai, termasuk di Pantai Larangan yang sekarang menjadi destinasi bagi warga pantura Kabupaten Tegal.

Meski minim fasilitas, Pantai Larangan bagi Desi, 29, merupakan tujuan utama. Bahkan, bagi warga sekitar untuk menghilangkan penat. Lokasi yang gratis, membuat warga bebas menikmati panorama alam yang ada. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana, semua bisa dia maklumi karena masih minim perhatian dari instansi terkait.

Bagi warga, keberadaan Pantai Larangan bisa menjadi sebuah tujuan saat membutuhkan hiburan, baik pagi maupun sore hari. Tidak heran jika ratusan warga selalu memadati sekitaran pantai untuk mendapatkan hiburan gratis. Ke depan, dia berharap agar potensi alam yang melimpah bisa dimaksimalkan dengan menambah fasilitas pendukung sehingga masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh saat membutuhkan suasana alam yaitu nuansa pantai yang menawarkan beragam daya tarik. “Fasilitas memang minim, tetapi ini adalah satu-satunya objek wisata gratis yang bisa dimanfaatkan warga untuk mendapatkan hiburan,” terangnya.

Warga lainnya, Tonisah, 41, menambahkan, potensi alam yang ada di Kabupaten Tegal sangat beragam. Jika selama ini yang dikenal hanya Purin, tetapi karena lokasinya yang jauh serta harus membayar saat masuk, maka pantai gratis menjadi alternatif bagi warga untuk mendapatkan hiburan. Dengan semua keterbatasan yang ada, bisa menjadi sebuah harapan bagi masyarakat untuk sekedar menikmati keindahan alam tanpa dipungut retribusi.

Meski sampah berserakan dimana-mana, tetapi nuansa alam yang ditawarkan tetap menjadi primadona bagi masyarakat sekitar. Itulah sebabnya masyarakat menjadikan Pantai Larangan sebagai tujuan utama, terutama di hari libur untuk menikmati keindahan alam bersama keluarga. (*/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.