Pasti Hanya 1 Putaran

351

MAGELANG- Calon wali kota dan wakil wali kota Magelang bakal bertarung habis-habisan menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Sesuai hasil revisi Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pilkada akan berlangsung 1 putaran saja.

Pada UU No 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang, diatur, ambang batas kemenangan pilkada 30 persen. Jika tak ada yang mencapai 30 persen suara sah, maka akan dilanjutkan lewat putaran kedua. Aturan ini telah direvisi DPR dan ambang batas diubah menjadi 0 persen. Revisi UU No 1/2015 saat ini sedang menunggu dicatat dalam lembaran negara.

“Pilkada akan berlangsung satu putaran dan siapa meraih suara terbanyak langsung dinyatakan pemenang,” jelas Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron di kantornya Kamis (12/3).

Selain itu gugatan hasil suara atau selisih suara pilkada maksimal 2 persen, lebih dari itu tidak boleh mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Melihat regulasi seperti itu calon harus berhitung cermat dan harus bekerja lebih keras lagi, terlebih calon perseorangan atau calon independen syarat dukungan yang semula 6,5 persen menjadi 10 persen,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Permutakhiran Data Pemilih dan Teknis Pemilu, Iwan Dono Indarto menyampaikan, sekarang KPU masih menunggu hasil revisi UU Pilkada untuk diundangkan dan menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sesuai rancangan PKPU, tahapan pilkada akan dimulai pada Juni mendatang.

KPU Kota Magelang saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang untuk menyiapkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Data acuan KPU untuk pemutakhiran jumlah pemilih berdasarkan DP4 yang telah disahkan oleh Kementerian Dalam Negeri, “Untuk Kota Magelang sendiri jumlah potensial pemilih ada 98.002 orang dan untuk jumlah warga atau penduduk 131.363 orang,” jelas Iwan. (mg2/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.