Perempuan Harus Melek Politik

427
(JAWA POS/RADAR SEMARANG)
(JAWA POS/RADAR SEMARANG)

SALATIGA – Pesta demokrasi merupakan wahana perwujudan kedaulatan rakyat. Masyarakat, utamanya perempuan, harus bisa meningkatkan pengetahuan politik sehingga dapat berpartisipasi maksimal dalam sistem yang benar.

Hal itu disampaikan Wali Kota Yuliyanto saat membuka sosialisasi Pendidikan Politik di Aula SMA N 3 Salatiga, Selasa (19/5). Sosialisasi digelar oleh Pemkot Salatiga melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Peserta terdiri dari 125 peserta dari Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Salatiga pada hari pertama dan 125 Santriwan/Santriwati se-Kota Salatiga pada hari kedua.

Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Salatiga Yuliyanto, dan Wakil Wali Kota Salatiga H. Muh. Haris. Sementara sebagai narasumber yakni dosen Universitas Diponegoro Semarang Akhmat Taufik, Kepala Badan Kesbangpol Susanto dan Ketua KPU Kota Salatiga.

“Pendidikan politik merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan politik masyarakat, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik secara benar”, terang Walikota Salatiga dalam sambutannya.

Yuliyanto berharap dengan adanya sosialisasi pendidikan politik ini dapat mendukung suksesnya Pilkada yang akan digelar tahun 2017 nanti. Sesuai dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan Perpu Nomor I Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.(sas/zal)