PDAM Optimalkan Kapasitas Produksi Air

417

SEMARANG – Aliran PDAM Tirta Moedal Kota Semarang masih sering dikeluhkan. Utamanya saat musim kemarau. Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, perusahaan pelat merah tersebut dalam waktu dekat akan meningkatkan kapasitas produksi air bersih di instalasi pengelolaan air (IPA) Kudu sebesar 100 liter/detik, sehingga dapat berproduksi menjadi 1.050-1.100 liter/ det.

Menurut Humas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Joko Purwanto, rencana lain yang sudah dimatangkan yaitu pembangunan IPA Blorong dalam dua tahap. Tahap pertama akan dimulai pada 2016 dengan kapasitas produksi sebesar 100 liter/ det dan akan dilanjutkan pada tahap kedua di 2017 dengan kapasitas produksi yang sama.

Keberadaan IPA Blorong, kata Joko, selain untuk menambah cakupan pelayanan, keberadaan IPA tersebut akan dapat memperbaiki aliran di wilayah Semarang bagian Barat dan sekitarnya. ”Kami juga saat ini akan melaksanakan rehabilitasi IPA Meteseh dengan kapasitas produksi sebesar 15 liter/detik. Pada tahapannya sudah pada pembangunan reservoir di tiga titik yaitu Dadapan, Kebon Tamandan Tampirejo,” jelas Joko.

IPA Meteseh tersebut akan memperbaiki aliran di wilayah Semarang bagian Timur dan sebagian Semarang Selatan. Produksi air bersih dari IPA itu, diharapkan dapat menambah cakupan pelayanan kepada sebanyak 1.000 pelanggan. ”Kami terus berpacu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan memperluas cakupan pelayanan sesuai dengan target 100 persen pada 2019. Untuk target jumlah pelanggan pada 2016 sebesar 15.000 SR Baru dan kami optimis dapat tercapai dengan berjalannya program-program yang telah direncanakan dan yang sudah dilaksanakan,” tandasnya sembari menambahkan pada 2015 PDAM Tirta Moedal telah memenuhi capaian, bahkan capaiannya melebihi target.

Hingga pertengahan Desember 2015, jumlah sambungan rumah baru di PDAM Kota Semarang mencapai 9.135 SR. Jumlah itu lebih besar dari total target yang dipatok hanya 9.000 SR. Kini, jumlah pelanggan PDAM Kota Semarang mencapai 161.000 SR. Lebih dari akhir 2014 atau awal 2015 sebesar 152.014 pelanggan. (zal/ce1)