Pemkab Kendal Janji Perhatikan Kaum Difabel

1150

KENDAL- Kaum difabel yang Kendal akan lebih diperhatikan seiring diresmikannya DPC persatuan Tunanetra Seluruh Indonesia (Pertuni) Kabupaten Kendal. Terlbih adanya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 11 tahun 2014, tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Maka, wajib hukumnya bagi seluruh instansi pemerintah, lembaga pendidikan, tempat usaha dan instansi lain berperan aktif dalam memberikan pemenuhan hak-hak penyandang difabel dan memberikan fasilitas.

“Dengan maklumat Perda itu, maka, kita tak boleh menolak keberadaan para penyandang difabel khususnya tunanetra,” kata Kepala Disdik Kendal, Muryono, mewakili Pj Bupati Kendal, Kunto Nugroho, saat meresmikan Deklarasi DPC Persatuan Tunanetra Seluruh ndonesia (Pertuni) Kabupaten Kendal, di ruang Operation Room (OR) Setda Kendal, Senin (4/1).

Muryono berharap, dengan berdirinya wadah tunanetra di Kabupaten Kendal dapat terjalin ikatan kebersamaan dan persaudaraan yang erat antar tunanetra di Kendal, serta dapat memperjuangkan terwujudnya masyarakat inklusif, dimana orang tunanetra dapat berpartisipasi penuh atas dasar kesetaraan.

Pemkab Kendal terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada para penyandang disabilitas, seperti penyandang cacat berat, khususnya para tunanetra. “Pemerintah daerah terus meningkatkan bentuk bantuan bagi organisasi maupun perseorangan yang memerlukan perhatian dan kepedulian khusus. Data dari Dinsos Kendal, tercatat tahun 2015, jumlah penyandang disabilitas ada 4.263 orang. Dari jumlah itu, penyandang disabilitas kebutaan ada 499 orang. Dengan jumlah sebanyak ini, saya mengajak kepada DPC Pertuni Kendal , untuk dapat bekerja dan memperjuangkan kesejahteraan tunanetra mendapatkan kesetaraan,” tandasnya.

Ketua DPD Pertuni Jawa Tengah, Edi, mengatakan, Pertuni, merupakan organisasi masyarakat yang sifatnya sudah nasional. Oleh karena itu, deklarasi DPC Pertuni Cabang Kendal ini, haruslah disikapi positif dan menjadi angin segar bagi perkumpulan tunanetra di Kendal untuk bangkit dan memperjuangkan hak-hak nya selama ini. Saat ini sudah ada sebanyak 21 cabang Pertuni di kabupaten/kota se Jawa Tengah, dan deklarasi DPC Pertuni Kendal ini merupakan cabang ke 22. (bud/zal)