Sekolah Terkendala Prasarana

358

SEMARANG – Dinas Pendidikan Jawa Tengah berharap jumlah sekolah yang melakukan Ujian Nasional (Unas) menggunakan model Computer Based Test (CBT) setiap tahunnya bertambah. Berdasarkan data, jumlah sekolah yang pada 2015 melakukan Unas model CBT sebanyak 87 sekolah. Sebanyak 10 di antaranya adalah SMA.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (6/1). ”Untuk SMK sebanyak 70 sekolah, sementara untuk SMP ada 7 sekolah melaksanakan Unas CBT tahun kemarin,” katanya. Unas model CBT bukan sebuah paksaan, hal itu dikarenakan beberapa sekolah masih memiliki keterbatasan terkait aspek sarana dan prasarana penunjang. Seperti halnya ketersediaan perangkat komputer. ”Sekolah harus memiliki perangkat komputer setidaknya sepertiga dari jumlah siswa peserta Unas. Jadi, Unas ini bukan online, namun berbasis komputer atau diistilahkan CBT,” katanya.

Rincian nama-nama sekolah yang melakukan Unas model CBT di Jateng pada 2015 dari jenjang SMA antara lain SMAN 3 Surakarta, SMA Regina Pacis Surakarta, SMAN 1 Salatiga, dan SMAN 2 Wonogiri.

Dari SMK, antara lain SMK Texmaco Semarang, SMKN 1 Surakarta, SMKN 2 Surakarta, SMKN 2 Magelang, SMK Satya Persada Magelang, SMK Islam Secang, dan SMK Swadaya Temanggung.
Sementara untuk SMP, yakni SMPN 1 Surakarta, SMPN 4 Surakarta, SMPN 1 Tegal, SMPN 7 Tegal, SMPN 1 Delanggun Klaten, SMPN 1 Wonogiri, dan SMPN 2 Wonogiri.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Semarang, Kastri Wahyuni mengaku siap menggelar Unas 2016 menggunakan model CBT. Beberapa persiapan telah dilakukan oleh pihaknya sejak 2015 lalu. Mulai penambahan bandwidth internet, hingga pelatihan-pelatihan menggunakan model CBT.

”Tahun ini kita siap lakukan Unas CBT, selain sekolah siswa juga lebih memilih Unas CBT karena dinilai lebih praktis,” katanya. Pelaksanaan Unas CBT dinilai lebih relevan agar mengurangi tingkat kecurangan dan kebocoran soal. Hal itu dikarenakan siswa dalam satu ruangan akan mengerjakan soal yang berbeda, namun memiliki bobot yang sama. (ewb/ric/ce1)