Turunnya Harga Solar Belum Dinikmati Nelayan

424

Hal yang sama dialami Puryani, 48, nelayan kecil lainnya. Dalam sehari melaut, ia hanya bisa mendapatkan 3-4 kilogram udang dan ikan kecil dengan estimasi sekali melaut menghabiskan solar 20 liter. ”Kalau dikalkulasi ya hasilnya sangat kecil, untung saja dibantu turunnya harga solar sehingga tidak begitu memberatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Tiga Berlian, Tambaklorok, Ahmad Sueb, menambahkan tidak hanya nelayan kecil yang belum bisa menikmati turunnya harga solar yang dilakukan pemerintah. Nelayan besar pun belum bisa menikmati lantaran besarnya ombak di lepas pantai perairan Jawa. ”Kalau kapal besar tidak berani melaut, ombak dan anginnya besar. Takut kalau tiangnya patah dan membuat kapal karam,” keluhnya.

Menurut dirinya, nelayan besar biasanya memarkir kapalnya hingga Maret mendatang menunggu puncak musim hujan berlalu. Ia berharap agar pemerintah bisa mempertahankan harga solar yang saat ini terjangkau oleh nelayan. ”Semoga harga BBM yang turun ini bisa bertahan lama, kalau bisa malah turun lagi,” harapnya. (den/ric/ce1)