Dana BOS SMA/SMK Naik Rp 200 Ribu

446
Grafis BOS
Grafis BOS
Grafis BOS
Grafis BOS

CANDISARI – Besaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk jenjang SMA dan SMK di Kota Semarang pada 2016 mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Semarang, besaran dana BOS setiap siswa tahun ini naik Rp 200 ribu dari sebelumnya Rp 1,2 juta menjadi Rp 1,4 juta. Sedangkan besaran dana BOS tingkat SD dan SMP tidak mengalami perubahan, masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk SMP, dan Rp 800 ribu untuk SD.

Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan (Monbang) Dinas Pendidikan Kota Semarang, Taufik Hidayat, mengatakan, kenaikan dana BOS SMA/SMK tersebut tidak hanya terjadi di Kota Semarang, namun secara nasional. Selain terjadi kenaikan, lanjut dia, tahun ini penyaluran dana BOS juga berbeda dibanding tahun lalu.

Menurut Taufik, penyaluran BOS jenjang SMA dan SMK sebelumnya dilakukan setiap satu semester sekali. Namun untuk tahun ini penyaluran dilakukan pertiga bulan (triwulan) sekali. Selain itu, lanjutnya, penyaluran yang dulunya dilakukan secara langsung melalui rekening sekolah, pada tahun ini untuk jenjang SMA dan SMK didistribusikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. ”Baru dari provinsi ke sekolah setiap triwulan,” katanya.

Dijelaskan Taufik, hingga kini petunjuk teknis (juknis) BOS belum diterima pihaknya. Jumlah penerima BOS juga tidak ada yang berubah jika dibandingkan tahun lalu.

Sementara untuk besaran dana BOS tingkat SD dan SMP, menurut Taufik, tidak mengalami perubahan. Yakni, sebesar Rp 1 juta untuk SMP, dan Rp 800 ribu untuk SD. Sedangkan anggaran untuk Program Indonesia Pintar (PIP), hingga kini masih dalam proses pencairan.

Adapun besaran anggaran PIP untuk siswa SD sebesar Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, serta SMA dan SMK sebesar Rp 1 juta. Berbeda dengan waktu penyaluran dana BOS, besaran anggaran PIP akan diterima oleh siswa setiap satu semester sekali. ”Itu langsung pusat yang menangani. Kita hanya menyampaikan informasi ke sekolah,” katanya sembari menambahkan kriteria siswa penerima anggaran PIP itu sendiri berdasarkan ketentuan dari pemerintah pusat.