Begal Dibekuk Setelah Buron 3 Tahun

343

KENDAL—Sempat menjadi buronan polisi, Sulhan Utolibin, pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) pada 2012 silam berhasil diringkus jajaran Reskrim Polres Kendal. Pelaku berhasil dibekuk di rumahnya setelah semapat kabur ke Jambi.

Perlu diketahui, Sulhan adalah pelaku curas terhadap warga di Jalan Raya Bumiayu Weleri. Dalam aksinya Sulhan tidak sendiri melainkan bersama empat orang rekannya yang sudah tertangkap dan menjalani hukuman.

Sulhan Utolibin yang diketahui warga Sidokumpul, Patean, mengaku bersama empat teman lainnya melakukan aksi pembegalan dengan menggunakan mobil. “Sasaran kita pepet dengan mobil hingga terjatuh, kemudian dua orang turun dari mobil mengambil barang milik korban,” katanya, kemarin.

Dijelaskan, saat korban terjatuh dua pelaku yakni Rohmat alias Siwer dan Doni yang mengeksekusi. Sedangkan Sulhan bersama Karno dan Aspian menunggu di dalam mobil. “Dari aksi terakhirnya di Bumiayu Weleri, mendapatkan uang Rp 2 juta dan saya mendapat bagian Rp 300 ribu. Uangnya juga sudah habis untuk bersenang-senang di lokalisasi,” akunya.

Sulhan mengaku, diajak tersangka Rohmat alias Siwer untuk mencari sasaran. Usai berhasil membegal, kelimanya kabur dan tidak pernah komunikasi. Empat tersangka berhasil ditangkap sesaat setelah beraksi, sedangkan Sulhan termasuk yang lihai karena kabur ke luar Jawa.

Tersangka Doni, Karno dan Rohmat sudah menjalani hukuman akibat perbuatannya dan susah bebas. Sedangkan tersangka Aspian masih mendekam di Lapas Kelas II A Kendal. Tersangka Sulhan sudah dipastikan akan menemani Aspian, mendekam di sel tahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.“Tersangka saat ini masih menjalani pemeriksaan dan penyidik sedang melengkapi berkas penyidikan. Segera setelah berkas lengkap akan kami serahkan ke Kejaksaan untuk disidangkan, sehingga tersangka bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kasatreskrim Polres Kendal AKP Fiernando Andriansyah. (bud/zal)