BPS Akan Rekrut 983 Petugas Sensus

359

KENDAL—Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal akan merekrut 983 petugas sensus. Yakni untuk melakukan pendataan sensus Sensus Ekonomi 2016 yang akan ditugaskan selama satu bulan di 20 kecamatan di Kendal.

983 petugas tersebut teridiri dari 732 petugas pendata dan 251 petugas pemeriksa. Petugas sensus yang diterima nantinya akan bertugas selama satu bulan untuk melakukan pendataan di masing-masing daerah yang sudah ditentukan. Yakni mulai 1-31 Mei 2016 mendatang.

Kepala BPS Kendal Muhammad Sugita menjelaskan perekrutan akan dibuka hanya lima hari. Yakni mulai 11-15 Januari 2016 dengan datang ke Kantor BPS Kendal atau melalui petugas di masing-masing kecamatan.

Bagi pendaftar yang lolos seleksi, akan dilakukan pelatihan oleh pegawai BPS sebelum nantinya dilakukan ditugaskan untuk melakukan sensus. “Persyaratan umum, minimal lulusan SLTA dan usia maksimal 50 tahun. Jadi petugas akan bekerja melakukan pendataan di lapangan selama satu bulan,” katanya, Jumat (8/1).

Sugita mengatakan, dalam sensus ekonomi, tidak semua warga disensus. Sebab untuk sensus ekonomi mencakup semua usaha, kecuali sektor pertanian. Sehingga tidak semua desa dilakukan sensus. Untuk itu, petugas di masing-masing kecamatan jumlahnya berbeda.

Kecamatan yang banyak pelaku usahanya, cenderung membutuhkan jumlah petugas lebih banyak, seperti Kecamatan Kaliwungu, Weleri dan Kendal. “Perkiraannya kami ada sekitar 83.100 usaha yang disensus,” ujarnya.