Perketat Keamanan, Bandara A Yani Pasang 96 CCTV

368

SEMARANG – Pasca kasus pembobolan bagasi di pesawat, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memperketat keamanan. Salah satunya memasang dan mengaktifkan sebanyak 96 Closed Circuit Television (CCTV).

CCTV tersebut dipasang di sejumlah titik di kawasan Bandara Ahmad Yani Semarang. Di antaranya bagasi area, parkir kendaraan, drop zone, apron area, area cargo, hingga masjid. “Kami tingkatkan pengawasan dan memperbaiki pelayanan. Di antaranya dengan melakukan penataan-penataan sebanyak 96 CCTV,” kata Shared Service Departement Head, M Dimyati, kemarin.

Peningkatan pengawasan tersebut dilakukan menyusul adanya kasus pembobolan bagasi pesawat yang melibatkan petugas porter di Bandara Ahmad Yani Semarang. “Selain itu, kami akan mengawasi pola recruitment PT Gapura Angkasa,” tegasnya.

Dijelaskannya, kewenangan perekrutan pegawai porter tersebut di di bawah PT Gapura Angkasa. Namun pihaknya, akan turut melakukan pengawasan dalam recruitment dan assesment porter. “Pada intinya, proses seleksi akan kami lakukan dengan ketat. Baik akademisi maupun integritas,” terang Dimyati.

Mengenai pemasangan sebanyak 96 CCTV tersebut, diharapkan akan membantu meningkatkan sistem pengawasan. Dimyati menambahkan, pemasangan CCTV tersebar di seluruh titik. Termasuk penambahan CCTV di area landasan pacu.

Sementara itu, Kepala Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani, Anom Fitranggono mengatakan, kejadian pembobolan bagasi tersebut menjadi pembelajaran. “Kami sudah memperketat pengawasan, jika diketahui ada petugas terlibat akan kami tindak tegas,” katanya.

Pengenai wacana penghapusan porter sebagaimana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Anom mengaku masih mempertimbangkan. Untuk mengganti jasa porter, pihak bandara harus menerapkan sistem bagasi otomatis. “Pengadaannya kan juga membutuhkan biaya besar. Tapi kalau itu perintah dari Kemenhub pasti akan kami upayakan,” katanya. Pada prinsipnya, sejauh ini, pihaknya terus melakukan pembenahan dan terus meningkatkan pelayanan. “Kami berusaha melakukan peningkatan pelayanan yang terbaik,” tandasnya. (amu/smu)