Tekan Tagihan PJU, Ganti Lampu LED

458

Menurut Sabino, lampu PJU dengan menggunakan teknologi LED telah dilakukan sejak Maret 2015 dalam bentuk lighting audit penghem. Itu sebagai dasar pelelangan lampu PJU yang akan dihibahkan pada tahun 2016 ini.

“Karena hasilnya bagus dan ada penghematan, maka lampu PJU dengan teknologi LED ini dilanjutkan dengan proses measurement dan verification atau pengukuran dan verifikasi yang dilakukan sejak sebelum lampu PJU baru dipasang sepekan ini, sampai Mei 2016,” ungkap Sabino.

Sabino juga mengatakan bahwa saat ini sedang dirancang agar biaya lampu PJU dengan teknologi LED bisa dibiayai dari pemasangan lampu LED itu sendiri. Yakni bekerjasama dengan pihak sponsor. “Saat ini kami sedang melakukan kajian dan aturan yang ada, agar pelaksnaan pemasangan lampu PJU dengan menggunakan sponsor tidak melanggar aturan,” tandasnya.

Intinya, katanya, pemasangan lampu PJU dengan teknologi LED ini hemat energi, juga hemat secara biaya. “Kami berharap, nyala terangnya menarik para sponsor untuk ikut berperan, misal memasang logo perusahaan di sekitar bingkai lampu PJU. Hal itu akan memberikan pemasukan pada pemerintah,” kata Sabino.

Sementara itu, untuk menunjang penghematan lampu PJU, Bupati Yoyok berencana bekerjasama dengan Energy Performance Services (EPS) Capital Corp, yakni perusahaan ahli perencana keuangan dan penghematan energi internasional yang sudah berpengalaman lebih dari 35 tahun dalam upaya penghematan energi.

“Kami siap dan berharap dalam sepekan ini, EPS tetap fokus dengan Kabupaten Batang untuk dijadikan Pilot Project. Semoga apa yang kami lakukan diterapkan oleh kabupaten dan kota lain di Indonesia,” tutur Bupati Yoyok. (thd/ida)