Status Dosen Jadi Kendala

Perubahan PTS

363

Meski begitu, saat ini masih terdapat PTS yang masih terkena moratorium perubahan status, yaitu Politeknik Banjarnegara. Selain itu, hingga saat ini proses penggajian dosen PTS masih melalui pihak Kopertis. ”Polimarin itu sebuah PTN baru. Tidak melalui bentuk PTS dulu,” ujarnya.

Adapun salah satu syarat sebuah PTS hendak mengajukan diri menjadi PTN, di antaranya harus memiliki luas lahan minimal 30 hektare. Selain itu, jumlah prodi minimal yaitu sebanyak 10 buah.

Sementara itu, Kabid Akademi Kemahasiswaan dan Kelembagaan Kopertis VI, Agung Purwanto mengatakan, saat ini ada 250 PTS di Jateng. Sedangkan beberapa PTS yang beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan karena hendak dinonaktifkan, saat ini sudah tidak ada. ”Di Jateng sudah tidak ada PTS yang dinyatakan nonaktif dan pembinaan. Pemantauan yang dilakukan saat ini, sifatnya rutin tidak karena kasus,” katanya.

Terbanyak saat ini, justru perubahan status dari akademik menjadi sekolah tinggi. Sebanyak 27 akademik di Jateng mengajukan diri untuk berubah menjadi sekolah tinggi kepada Kopertis VI. Perubahan tersebut menurut Agung lebih banyak dilakukan karena persyaratan yang tidak terlalu berat, antara lain harus memiliki minimal 2 prodi. ”Menambah satu prodi lagi untuk akademi yang hanya memiliki satu prodi kan tidak sulit,” katanya. (ewb/ida/ce1)