Metode Pemodelan dalam Pelajaran Bahasa Jawa

376

untukmu guruku-web

Oleh: Sudarvin

BAHASA merupakan alat yang paling penting untuk kehidupan manusia, karena setiap orang membutuhkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Bahasa juga digunakan untuk pemersatu suatu bangsa seperti negara Indonesia sebagai negara Kepulauan. Upaya melestarikan bahasa yang tepat salah satunya adalah penggunaan bahasa dengan benar.

Dalam bahasa Jawa mengenal 4 keterampilan berbahasa, yakni mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Empat keterampilan tersebut merupakan keterampilan berbahasa bersifat reseptif. Pada kegiatan ini seseorang atau dalam hal ini siswa dapat memahami bahasa melalui pesan.

Dalam hal mendengarkan (menyimak) merupakan keterampilan bahasa yang bersifat produktik. Mendengar meliputi menangkap dan memahami informasi yang diterima melalui pendengaran. Mendengarkan lebih bersifat kognitif. Pada jenjang lebih tinggi dapat dideskripsikan sebagai kemampuan menganalisa dan menyimpulkan suatu pesan yang disampaikan pesan secara lisan. Mendengar disampaikan secara lisan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mendengarkan (menyimak) merupakan tugas siswa yang harus dilakukan.