Ika Bantu Adik Angkatan

342

SEMARANG – Ikatan alumni (Ika) Unissula harus bisa berkontribusi positif kepada kampus, termasuk di dalamnya memberikan info mengenai lowongan kerja, serta membantu lulusan adik-adik angkatannya mendapatkan pekerjaan di semua bidang.

”Ika ini dibentuk salah satunya harus bisa membantu adik angkatannya sehingga bisa berkarya sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Sarjuni seusai melantik kepengurusan IKA Unissula periode 2015–2019 di Hotel Ciputra kemarin.

Sarjuni mengatakan, dengan adanya formasi baru ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi kampus untuk menyiapkan mahasiswanya agar lebih terampil lagi apalagi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). ”Ini tentunya bagi kami persiapan ini menjadi cambuk bagi kami untuk lebih giat dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk eksis di dunia MEA,” akunya

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKA Unissula terpilih Jawade Hafidz mengatakan, kepengurusan ini akan berpartisipasi untuk kemajuan almamater, termasuk menjalin jaringan yang kuat antar almamater. ”Melalui jalinan yang kuat, maka kita akan bisa saling membantu dalam memberikan informasi segalanya, termasuk masalah pekejaan,” akunya.

Ada beberapa hal yang akan terus dikembangkan antar alumni, misalnya pengembangan ekonomi kreatif, pelayanan sosial bagi masyarakat, kepedulian advokasi, kepedulian pengembangan potensi alumni, penyaluran peluang kerja lulusan, dan kesiapan menghadapi pemberlakuan pangsa bebas antarnegara Asean. ”Jadi masih banyak lagi program yang harus dikembangkan sehingga tercipta suatu kepedulian antara masyarakat dengan mahasiswa serta alumni,” paparnya.

Sementara itu hadir dalam acara ini, Sekda Jateng Sri Puryono yang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Menurutnya, alumni diharapkan mampu berkontribusi kepada universitas dengan menyiapkan lulusan perguruan tinggi (PT) yang siap bersaing di pangsa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Caranya dengan memberi kontribusi untuk perbaikan program pendidikan yang setara dengan negara lain, memberi beasiswa ke adik-adik angkatannya, dan memberi informasi dan membantu terkait dengan peluang lapangan pekerjaan. ”Dengan diberlakukannya MEA maka lulusan Perguruan Tinggi (PT) harus mampu bersaing memperebutkan peluang pangsa kerja dengan lulusan PT dari negara lain,” katanya. (hid/zal/ce1)