Dua Ibu Hamil Terindikasi HIV

387

PEMALANG – Sedikitnya ada dua pasien ibu hamil di Puskesmas Banjardawa KecamatanTaman, Kabupaten Pemalang terindikasi mengidap HIV. Data tersebut tercatat pada tahun 2015 berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan ibu-ibu hamil di wilayah Kecamatan Taman.

Kepala Puskesmas Banjardawa dr Yulies Nuraya mengemukakan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pada pasien ibu hamil, sedikitnya ada dua pasien yang terindikasi mengidap HIV. Menurutnya, dalam memberikan layanan kesehatan kepada ibu hamil, meskipun pasien itu telah terindikasi mengidap HIV, namun secara umum pelayanan yang diberlakukan adalah sama. Kendati demikian dalam penanganannya, ada prosedur-prosedur yang harus dilakukan.

Kedua pasien ibu hamil yang terindikasi mengidap HIV, diperkirakan nanti pada Februari 2016 bayi yang sedang dikandungnya akan lahir. Hal itu dapat diketahaui, karena kedua pasien tersebut secara rutin telah melakukan pemeriksaan kesehatannya di puskesmas ini. “Karena harus ada layanan secara khusus terhadap kedua pasien ibu hamil itu, maka nanti pada saatnya bayi itu akan lahir, disarankan untuk bisa melahirkan di rumah sakit,” katanya.

Dia menjelaskan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kedua pasien, telah disarankan dalam sebulan sekali. Namun setelah kehamilan sudah memasuki usia tua, maka pemeriksaannya dilakukan dua minggu sekali. Ditambahkan berdasarkan data tahun sebelumnya di Puskesmas Banjardawa ini, juga telah kedapatan sejumlah pasien yang terindikasi mengidap HIV. Sehingga hampir setiap tahunnya di wilayah Kecamatan Taman ada warga yang terindikasi mengidap HIV. (apt/jpnn/ric)