Pordasi Jateng Masih Simpan Kekuatan

351

SEMARANG – Kontingen kuda pacu Jateng akan mulai mempersiapkan diri menghadapi PON XIX/2016 Jabar setelah melakoni serangkaian babak kualifikasi termasuk yang terakhir digelar di arena pacuan kuda, Pantai Indah Legok Jawa, Pangandaran, Jawa Barat 9 – 10 Januari 2016 kemarin. Di kelompok kuda pacu tersebut Jateng sendiri akan menurunkan lima rider terbaik mereka yang akan memperebutkan lima medali di lima nomor yang diperlombakan pada ajang multievent empat tahunan besok.

“Jadi untuk kuda pacu ada tiga kali rangkaian babak kualifikasi yang terakhir di Pangandaran kemarin Jateng bisa mendapatkan dua medali emas,” terang Sekretaris Umum Pordasi Jateng Christanti Christiana.

Namun wanita yang akrab disapa Christine itu mengakui, selama babak kualifikasi Jateng belum menurunkan kekuatan terbaik mereka. Artinya Provinsi ini masih menyimpan kekuatan sesungguhnya yang akan diturunkan di PON September mendatang. “Jadi di Pra-PON kemarin kami tidak menurunkan kuda andalan. Karena selain kami masih menyimpan kekuatan juga untuk menghindarkan kuda-kuda andalan dari resiko cidera. Dan hasilnya juga cukup bagus, kami bisa meraih dua emas dengan menurunkan kuda yang level kedua,” sambung Christine.

Christine juga menyebut, untuk kuda pacu Jateng menurutnya sangat berani bersaing untuk bertarung memperebutkan lima medali emas di PON mendatang. meski pihaknya juga mengakui harus bersaing ketat dengan daerah-daerah seperti Jabar, DKI Jakarta, Jatim, Sumatera Barat maupun Maluku. “Namun kuda-kuda utama Jateng sangat diperhitungkan di level Nasional. Apalagi besok kami mendapatkan bantuan kuda dari Timor Leste yang khusus memberikan kuda untuk kontingen Jateng. Jadi kami cukup optimistis bisa bersaing di PON,” tegasnya.

Di PON Jabar mendatang lima rider Jateng yang akan turun adalah Michael Soleran, Jendri Torangan, Franky Torangan, Yani Rondonuwu serta Hani Shout,”Meraka akan turun di kelasA, B, C untuk kelas D akan dimainkan dua kelas jadi total ada lima nomor yang akan dimainkan,” lanjut Christine.

Selain kelompok kuda pacuan, di PON Jabar mendatang di cabor berkuda juga akan dimainkan kelompok equestrian (kuda tunggang) dimana kelompok tersebut total akan dipertarungkan 10 nomor pertandingan. (bas/smu)