Disnakertrans Ancam Tutup PT Sarco

730

PJTKI

KENDAL— Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kendal berencana akan menutup perusahaan jasa tenaga kerja (PJTKI) PT Sarco Cabang Kendal. Hal itu lantaran perusahaan yang beralamat di Desa Lanji, Kecamatan Patebon tersebut tak mengantongi surat izin perusahaan (SIP).

Kabid Transmigrasi Pelatihan dan PENTA Disnakertrans, Supardi mengatakan jika perusahaan telah mencoba melakukan rekrutmen calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) ke Arab Saudi. Padahal perusahaan belum mengantongi surat izin perusahaan (SIP) dan surat pengantar rekrutmen provinsi.“Dua surat tersebut, kemudian dibawa ke masing-masing Disnakertrans dimana PJTKI itu berdomisili. Sebab, sebelum merekrut CTKI, perusahaan seharusnya sudah lebih mengantongi SIP dan surat pengantar rekrutmen provinsi,” tegasnya, Rabu (20/1).

Pelanggaran PT Sarco Cabang Kendal ini diketahui setelah adanya laporan dari CTKI yang masuk ke Disnakertrans. Yakni atas nama Nasikin, 42 warga Desa Botomulyo, Kecamatan Cepiring. Nasikin tak kunjung bekerja ke Arab Saudi padahal ia sudah mengeluarkan uang sebesar Rp 9 juta. Ia mendaftarkan untuk bekerja di perusahaan bus bernama Salim Group Saudi.