Semarang Pasar Potensial Hotel di Solo-Jogja

378

SEMARANG – Masyarakat kota Semarang menjadi sasaran pemasaran bagi hotel budget di Solo dan Jogjakarta. Bahkan persaingan hotel di Jogjakarta untuk memperebutkan pasar Semarang sangatlah besar. Saat ini hotel budget di Jogjakarta menjamur dan terjadi perang tarif.

Sales Manager de Laxton Hotel Jogjakarta, Achmad Ardi mengatakan permintaan akan adanya hotel budget di Jogjakarta sangat tinggi. Alhasil saat ini banyak hotel baru di Jogjakarta.

Menurutnya, pangsa pasar Semarang untuk hotel rata-rata mencapai 15 persen dari okupansi yang ada. Sementara untuk penyumbang okupansi paling besar berasal dari Jakarta, Surabaya dan Bandung. “Weekends dan weekdays okupansinya hampir sama, mencapai 60 persen lebih. Namun sebagai kota wisata, okupansi di weekends cenderung stabil,” jelasnya.

Senior Sales Executive de Laxton Hotel Jogjakarta, Meyna DJ mengungkapkan Semarang menjadi pasar potensial bagi hotel-hotel yang ada di Solo maupun Jogjakarta karena jaraknya yang cukup dekat dan potensi wisata yang dimiliki. “Tingginya okupansi didukung sektor wisata yang menunjang. Kebanyakan tamu hotel untuk berwisata, meski tak sedikit juga ada yang urusan bisnis,” tandasnya. (den/smu)