Trans Semarang Tambah Dua Koridor

469

SEMARANG – Setelah dirasa berhasil dengan operasionalisasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang untuk koridor I-IV, tahun ini Badan Layanan Umum (BLU) BRT Trans Semarang berencana menambah dua koridor lagi. Yaitu Koridor V jurusan Meteseh-PRPP, dan Koridor VI jurusan Prof Soedarto-Unnes.

Kepala BLU Trans Semarang Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkoiminfo) Kota Semarang, Joko Umboro Jati mengatakan, operasionalisasi dua koridor baru tersebut direncanakan pada September 2016 mendatang. Penyiapan fasilitas yang diperlukan seperti shelter diklaim telah dilakukan meskipun belum lengkap.

”Untuk koridor V dibutuhkan sebanyak 40 shelter, 16 armada bus, dan 24 driver. Sedangkan koridor VI butuh 30 shelter, 16 armada bus, dan 12 driver. Saat ini yang sudah siap baru 16 shelter,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Ia menambahkan, persiapan untuk operasional dua koridor tersebut telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Sesuai rencana, proyek tersebut akan mulai dilelangkan pada Juli mendatang. Saat ini, Pemkot Semarang juga telah mendapatkan bantuan bus ukuran sedang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. ”Rencananya akan ditambah lagi sebanyak 8 unit bus dari Pemprov Jateng senilai Rp 5 miliar. Di mana per unit bus ukuran sedang senilai Rp 600 juta,” terangnya.

Selain mempersiapkan dua koridor baru, Joko mengklaim akan segera mengganti suluruh armada bus di koridor I jurusan Mangkang-Penggaron yang dinilai sudah mulai rusak. Ia mengaku telah mendapatkan bantuan bus ukuran besar dari Kementerian Perhubungan sebanyak 25 buah. ”Kemarin, kami bersama Pj Wali Kota Semarang dan Kepala Dishubkominfo mengikuti penandatanganan penerimaan bantuan bus dari Kemenhub di Jakarta,” akunya.