Perbaiki Fasilitas, Kejar PAD Rp 3,8 M

361

UNGARAN – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Semarang harus kerja keras untuk dapat mendatangkan wisatawan ke Bumi Serasi ini. Sebab di tahun 2016 target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata sebesar Rp 3,8 miliar.

“Sebelumnya di tahun 2015 target kita sebesar Rp 3,2 miliar dan sudah tercapai 100,2 persen.Insyallah tahun 2016 ini target Rp 3,8 dapat terpenuhi,” ungkap Kepala Disporapar, Partono, Jumat (22/1) kemarin.

Menurut Partono untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Bumi Serasi, perlu dilakukan pembenahan di sejumlah destinasi wisata plat merah. Seperti penataan landscape, PKL dan tempat tiket di Candi Gedongsongo dengan total anggaran Rp 1,4 miliar. Sementara untuk kegiatan mempercantik dan melengkapi sarana pendukung di Bukit Cinta di Banyubiru dilakukan oleh Pemprov Jateng. Selain itu juga akan melakukan strategi promosi wisata.“Kami berharap kunjungan wisatawan bisa meningkat sehingga pendapat akan terdongkrak,” imbuhnya.

Terpisah Ketua Komunitas Ambarawa Puguh Prasetyarso berharap agar pemerintah memperhatikan masalah sarana pendukung tempat wisata. Termasuk melakukan pembenahan infrastuktur pendukung seperti akses jalan dan kantong parkir. Sehingga kepariwisataan di Kabupaten Semarang akan berkembang. “Seperti di Ambarawa, saat ini jumlah destinasi wisata semakin berkembang. Sudah seharusnya infrastruktur jalan dibenahi, lalu lintasnya ditata, serta pembuatan kantong parkir. Sehingga tidak terjadi kemacetan yang justru akan memunculkan citra negatif,” kritiknya.

Untuk diketahui total jumlah wisatawan selama setahun terakhir di empat destinasi wisata milik Pemkab Semarang mencapai 518.320 orang. Empat destinasi wisata plat merah atau yang dikelola Pemkab Semarang, yakni Candi Gedongsongo, Museum Palagan Ambarawa, Bukit Cinta dan Pemandian Muncul Gedongsongo. Dari keempat destinasi wisata itu tingkat kujungan tertinggi ada di Gedongsongo yang mencapai 326.789 orang. Sedangkan jumlah wisatawan yang masuk ke seluruh tempat wisata milik pemerintah maupun swasta di Kabupaten Semarang sebanyak 2.161.803 orang. Terdiri dari 2.158.270 wisatawan nusantara dan 3.533 wisatawan mancanegara. (tyo/zal)