Nasionalisme lewat Foto

457
Ebbie Vebri Adrian (Istimewa)
Ebbie Vebri Adrian (Istimewa)
Ebbie Vebri Adrian (Istimewa)
Ebbie Vebri Adrian (Istimewa)

CINTA tanah air bisa diwujudkan melalui berbagai cara. Ebbie Vebri Adrian memilih fotografi sebagai medianya. Fotografer asal Pagar Alam, Sumatera Selatan ini menghabiskan waktu 9 tahun keliling Indonesia. Semua dilakukan demi misinya, membuat buku fotografi yang menggambarkan keindahan nusantara.

Karya Ebbie kini terwujud melalui buku ”Indonesia, A World of Treasure”. Buku setebal 543 halaman itu berisi 1.300 foto tentang 1.000 destinasi wisata dari 34 provinsi di Indonesia. Minggu (24/1), pria 38 tahun tersebut membagikan pengalamannya di event Semarang Photo Week di Mal Paragon. ”Saya membuat buku ini karena marah dengan pemerintah. Indonesia tidak punya buku untuk mempromosikan tourism secara keseluruhan,” ujar Ebbie yang enggan disponsori pemerintah ini.

Pria yang belajar fotografi secara otodidak ini menilai pemerintah tidak serius menggarap pariwisata. Dia mencontohkan target pemerintah mendatangkan 9 juta wisatawan mancanegara pada 2015 gagal tercapai. Padahal Malaysia yang hanya terdiri atas satu suku dan destinasinya terbatas mampu menarik 26 juta turis asing per tahun.

Dia telah membawa foto-fotonya dalam pameran di 5 negara di Eropa. Dengan pameran tersebut, dia berharap orang luar negeri tertarik dengan keindahan Indonesia, kemudian berwisata kesini. Ebbie mengaku memilih fotografi untuk mewujudkan rasa nasionalisme. ”Bangsa kita nasionalismenya baru muncul saat ada pertandingan sepak bola atau bulu tangkis dengan negara lain. Setelah itu ya kembali seperti semula,” kritiknya. Menurutnya, siapa pun bisa ikut memberikan sumbangsih kepada bangsa dengan berbagai cara. (ric/ce1)