PNS Pilih Parkir Sembunyi-sembunyi

373

PARKIR PNS

SEMARANG – Program Jumat tanpa Kendaraan Bermotor yang dicanangkan Gubernur Ganjar Pranowo belum sepenuhnya dipatuhi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pantauan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menunjukkan masih banyak pegawai yang memarkirkan kendaraan secara sembunyi-sembunyi di sekitar Gubernuran.

Kepala Satpol PP Jawa Tengah, M. Masrofi mengatakan saat Jumat tanpa Kendaraan Bermotor diterapkan, memang tidak ada PNS yang membawa kendaraan masuk kantor. Sebab gerbang Gubernuran ditutup. Namun, ada sinyalemen para PNS membawa kendaraan dan diparkir di luar kantor pemprov.

Dia merinci sejumlah lokasi yang biasa digunakan untuk parkir sembunyi-sembunyi tersebut. Yaitu sekitar Taman Menteri Supeno, Kantor Bank Indonesia (BI), sekitar kantor BRI Menteri Supeno, Gedung Dharma Wanita, Gedung Rimba Graha, dan Jalan Kusumawardhani. ”Ini dari pengakuan petugas parkir di kawasan-kawasan tersebut. Namun dari sinyalemen itu, akan kami tindaklanjuti,” katanya.

Mantan Kepala Badan Diklat Jawa Tengah tersebut menegaskan seluruh pelat nomor kendaraan tersebut sudah dicatat dan segera ditelusuri. Penelusuran dilakukan untuk mengetahui apakah benar kendaraan yang diparkir milik PNS Pemprov. ”Mereka yang membawa kendaraan bermotor biasanya berangkat lebih pagi. Petugas kami tidak selalu memergoki karena harus muter,” imbuhnya.