Pordasi Jateng Andalkan Nomor Kuda Pacu

550

SEMARANG – Meski tak diunggulkan bakal meraih prestasi, Pengprov Pordasi Jateng justru yakin akan mampu meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 mendatang di Jabar. Nomor kuda pacu menjadi andalan Jateng untuk meraih podium juara di ajang multievent tersebut.

Sekretaris Umum Pengprov Pordasi Jawa Tengah Christianti Christiana mengatakan, untuk nomor kuda pacu ada tiga kali babak kualifikasi yang terakhir di Pangandaran, Jawa Barat, beberapa waktu lalu dan Jateng berhasil meraih dua medali emas. Padahal pada Pra-PON tersebut Jateng tidak menurunkan kuda-kuda terbaiknya.

“Jadi pada Pra-PON kemarin kami tidak menurunkan kuda andalan karena selain kami masih menyimpan kekuatan juga untuk menghindari kuda-kuda andalan itu dari risiko cedera. Meski begitu hasilnya juga cukup bagus. Kami bisa meraih dua medali emas dengan menurunkan kuda level kedua,” katanya.

Tim berkuda Jawa Tengah masih menyimpan kekuatan yang akan ditunjukkan saat tampil pada PON XIX/2016 Jawa Barat menyusul berakhirnya babak kualifikasi PON untuk nomor kuda pacu. Strategi tersebut diharapkan berbuah manis dan mengejutkan lawan.

Pada PON mendatang, untuk nomor kuda pacu sendiri Jateng akan menurunkan lima rider terbaik mereka yang akan memperebutkan lima medali emas dari lima nomor yang dilombakan di Jabar. Mereka adalah Michael Soleran, Jendri Torangan, Franky Torangan, Yani Rondonuwu, dan Hani Shout. “Mereka akan turun di kelas A, B, C, sedangkan untuk kelas D akan memainkan dua kelas sehingga total nomor yang dipertandingkan ada lima,” kata Christianti.