Disoal, CMJT Terima Hibah Rp 1,5 M

545

SEMARANG – DPRD menyorot adanya pemberian hibah ke PT Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) sebesar Rp 1,5 miliar. Persoalannya ternyata dewan mengaku tidak mengetahui dan tidak ada pembahasan adanya dana hibah tersebut.

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengaku kaget dengan adanya dana hibah tersebut. Sebagai Perusda mestinya anggaran untuk PT CMJT adalah penambahan modal bukannya malah dana hibah. ”Saya merasa tidak pernah membahas adanya dana itu (hibah, Red). Aneh saja hibah mosok ke Perusda,” katanya, kemarin.

Seluruh anggaran mestinya harus ada pembahasan dulu oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan DPRD. Termasuk adanya hibah di PT CMJT. Harusnya ada pembahasan baik di Komisi C maupun Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jateng. Komisi C DPRD Jawa Tengah harus benar-benar mencermati adanya temuan tersebut. ”Tanyakan langsung pada eksekutif yang menangani. Itu tidak tepat asal muasal prosedur tidak jelas uang bisa di situ,” ujarnya.

Rukma mengaku selama ini tak ada pembahasan hibah Rp 1,5 miliar untuk PT CMJT. Kalaupun ada, kata Rukma, itu bukan untuk dana hibah melainkan untuk tambahan modal. Karena status CMJT yang merupakan Perusahaan Daerah. ”Ya mestinya tambahan modal, untuk mendongkrak pendapatan bukannya hibah,” tambahnya.

Dirut PT Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) M. Sayuti mengaku tidak pernah mengajukan anggaran hibah. Sebelumnya, pihaknya mengajukan dana Rp 1,5 miliar untuk operasi pasar beras menjelang Lebaran. ”Dana itu juga baru akan digunakan apabila ada kenaikan harga. Tapi kalau tidak ada, ya tidak akan digunakan,” katanya. (fth/zal/ce1)