IAIN Siap Tampung eks Gafatar

357

SALATIGA–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga menyatakan kesiapannya menampung eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang berasal dari Salatiga. IAIN bertekad melakukan rehabilitasi kepada mereka dengan program yang disiapkan.

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Dakwah IAIN Mukti Ali saat bertemu wartawan, kemarin siang di kampusnya. “Eks Gafatar masih sangat bisa direhabilitasi. Kami akan menyediakan wisma untuk tempat tinggal keluarga eks Gafatr, termasuk pendidikan ke anak–anaknya,” jelas Mukti.

Dipaparkan dia, rehabilitasi yang dilakukan adalah dengan memberikan pelurusan pemahaman tentang Agama. Kemudian diberikan pekerjaan untuk mereka agar melalui badan usaha yang ada sehingga mampu mandiri. Termasuk juga mengupayakan mengenai pendidikan terhadap anak – anak para eks Gafatar sehingga pendidikan mereka tidak terhenti.

“Kami memang belum berkoordinasi dengan siapapun mengenai rencana ini. Semua masih dibahas dan dimatangkan secara internal dan sebelumnya akan kami seminarkan untuk mendapatkan masukan dan solusi yang lebih baik lagi bagi para eks gafatar ini,” imbuh Mukti. Namun dirinya sangat yakin jika para eks Gafatar ini bisa direhabilitasi dan dikembalikan ke masyarakat.

Terpisah, dosen lainnya, Benni Ridwan menambahkan jika ada kemungkinan menggandeng ormas seperti Muhammadiyah yang memiliki badan usaha. Di badan usaha itu, para eks Gafatar bisa dititipkan untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan. Di sela itu, tentunya diberikan pemahaman kembali mengenai agama yang benar.

Mengenai tempat tinggal yang disediakan, Benni menyebutkan ada tempat yang disiapkan. Tidak hanya tempat, tetapi juga pemahaman kepada masyarakat agar mau menerima dan membantu sosialisasi para eks Gafatar. Pasalnya, tidak semua eks Gafatar paham organisasi yang diikutinya. (sas/ida)