Jateng Raih 75 Emas di Pra-PON

325

SEMARANG – Sebanyak 41 cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti Jateng di ajang multievent empat tahunan yaitu PON XIX/2016 Jabar telah menyelesaikan babak kualifikasi sepanjang tahun 2015 hingga awal 2016 ini.

Kecuali cabor sepak bola yang hingga kini belum jelas kapan babak kualifikasi akan digelar oleh PB PON maupun KONI Pusat. Jateng sendiri total akan turun di 42 cabor dari 44 cabor yang akan dimainkan dalam PON Jabar.

Nah, sepanjang babak kualifikasi kemarin secara keseluruhan anak-anak Jateng mampu mengoleksi 75 medali emas, 79 perak dan juga 49 perunggu. Total Jateng meloloskan 599 atlet dari 753 nomor yang akan dipertandingkan di PON.

Dari segi jumlah atlet yang lolos, Wakil Ketua Umum KONI Jateng, Sudarsono mengatakan, jumlah tersebut melebihi target awal yang dicanangkan Provinsi ini yaitu meloloskan sebanyak 550 atlet ke PON.

“Itu belum termasuk sepak bola kalau besok lolos jumlahnya tentu akan bertambah. Dan memang jumlah tersebut di atas perkiraan kami karena perkiraan awal ada 550 atlet yang lolos ke PON,” terang Sudarsono.

Mengenai jumlah medali yang berhasil dihimpun atlet Jateng di Pra PON, Sudarsono mengatakan jumlah tersebut tidak bisa dijadikan patokan prestasi yang akan diraih oleh Jateng di ajang sebenarnya di PON Jabar mendatang,”Kalau raihan itu sebagai modal memang benar. Hasil Pra-PON kemarin akan menjadi modal berharga bagi Jateng menghadapi PON Jabar besok,” sambungnya.

Ada beberapa faktor yang meyebabkan raihan Pra-PON kemarin tidak bisa dijadikan patokan prestasi Jateng di PON besok. Yang pertama lantaran masing-masing cabor menggunakan system kualifikasi yang berbeda-beda,”Terutama yang kualifikasinya di bagi per wilayah, sehingga kami tidak bisa mengetahui kekuatan semua kontestan,” lanjutnya.