Harga Sebutir Bisa Capai Rp 400 Ribu

Mengenal Durian Monti, Durian Montong Asal Gunungpati

1743

Ia mengakui, durian yang mulai dikembangkan sejak 2005 itu hampir mirip dengan durian Montong. Ukuran yang besar dengan daging yang tebal serta isi (pongge) yang kecil menjadi salah satu ciri khasnya. Namun ia berani memastikan bahwa durian Monti jauh lebih enak dibandingkan durian yang diimpor dari negeri Gajah Putih tersebut. ”Secara tekstur buah durian Monti kuning dan kesat. Untuk rasanya lebih nikmat dan legit khas durian Gunungpati,” katanya.

Ia menceritakan, awalnya memang melakukan persilangan dengan durian Montong di mana batang bawahnya merupakan pohon durian lokal. Sejak dikembangkan pada 2005, durian tersebut mulai berproduksi pada 2012. Namun tidak serta-merta langsung dipasarkan karena harus melalui proses uji coba hampir 4 tahun. ”Baru tahun ini kami buka pemasaran secara langsung,” ujarnya yang mengaku dibantu 19 petani dalam mengembangkannya.

Menurut Tumidi, pohon durian ini selalu berbuah setiap saat. Sehingga siapa pun dapat membelinya kapan pun mereka mau. Akan tetapi, untuk langsung merasakan nikmatnya buah tersebut harus menunggu 4-5 hari setelah jatuh dari pohon. ”Ketika ada yang mau beli, kami sarankan untuk inden terlebih dahulu,” ujarnya memperkirakan jumlah pohon yang dimiliki mencapai 453 pohon.

Karena besarnya ukuran buah durian yang rata-rata mencapai lingkar 90 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter serta kualitas yang di atas rata-rata, Tumidi menjualnya secara kiloan. Untuk satu kilo dipatok harga Rp 40 ribu. Padahal satu buah rata-rata memiliki berat antara 5-10 kilogram. Sehingga sebutir durian Monti bisa laku antara Rp 200 ribu-Rp 400 ribu. Karenanya, ia berani memberi garansi jika tidak layak dikonsumsi tidak usah dibayar. ”Jika dibawa pulang ternyata tidak enak, maka langsung kami return (tukar),” tandasnya.

Dalam gelaran Semarang Festival Durian 2016 yang akan digelar di lapangan parkir Goa Kreo Jatibarang Gunungpati Semarang pada 4-7 Februari 2016 mendatang, ia berjanji akan menyediakan kurang lebih 1 ton durian Monti. Untuk harganya tetap dipatok Rp 40 ribu per kilogramnya.

”Selain durian Monti, kami juga menyediakan durian-durian lain yang jumlahnya mencapai 40 ribu butir. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan barang meski acara masih berlangsung,” ujar warga asli Gunungpati ini. (*/aro/ce1)