UMKM Pasar Terbesar Perbankan

427

Sementara itu, untuk Dana Pihak Ketiga (DPK), hingga akhir tahun ini BSB menargetkan sebesar Rp 70 miliar atau naik 36 persen dibandingkan tahun lalu. “Penyumbang DPK terbesar masih dari sumber dana mahal yaitu deposito. Prosentasenya sekitar 70 persen dari dana mahal dan 30 persen dari dana murah yaitu tabungan dan giro,” terang Imam.

Meski demikian, BSB tetap berupaya untuk menaikkan jumlah dana murahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program tabungan berhadiah langsung. “Nasabah bisa menyimpan uangnya dalam jangka waktu tertentu. Kemudian hadiah bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan syarat melihat besar dana dan jangka waktu lamanya dana dibekukan,” jelasnya.

Dengan program tabungan berhadiah langsung ini, diharapkan bisa menaikkan jumlah dana murah hingga 40 persen. “Salah satu nasabah kami yang mengikuti program ini adalah ibu Diah Kurnia Ramadhini, Direktur Keuangan Nasmoco. Dengan menabung Rp 200 juta, bisa membawa pulang langsung hadiah handphone seharga Rp 9 juta,” pungkasnya. (eny/smu)