11 SMA dan SMK Siap Selenggarakan UNBK

338

MAGELANG – Sebanyak 11 SMA dan SMK di Kota Magelang akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 4-7 April 2016. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan 3 sekolah saja. Persiapan pun sudah mulai dilakukan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Magelang Agus Sujito mengatakan, tahun ini masih menggunakan UNBT semi-online. Hal ini dimaksudkan guna menghindari gangguan jaringan.

”Risiko semi-online seperti masalah jaringan lebih kecil. Semisal mengunduh soal, baru nanti di-online-kan di ruang ujian,” jelas Agus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/2).

Agus menerangkan, pihaknya saat ini terus berupaya melakukan pendampingan dan koordinasi ke sekolah guna memaksimalkan persiapan jelang ujian. ”Pendampingan khusus seperti pertemuan proktor dan teknisi terus kami lakukan,” terangnya.

Selain ujian menggunakan media komputer, perbedaan yang mencolok terletak pada waktu mengerjakan soal. Hal itu dilakukan lantaran terbatasnya jumlah komputer yang disiapkan masing-masing sekolah. ”Nanti jadwal ujian akan dibagi tiga sesi. Soal juga akan diacak,” tandasnya.

Simulasi serentak dilakukan bulan ini. Sekolah yang tahun lalu sukses menyelenggarakan ujian diharuskan lebih baik lagi. Bagi sekolah yang belum pernah melakukan UNBK, diharapkan belajar dari tiga sekolah itu. ”Harapan agar lebih baik, lebih siap dan berintegritas,” pintanya.