Gerbang Jalan Masuk Wisata Religi Perlu Ditata

354

DEMAK- Gerbang jalan pintu masuk wisata religi di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota perlu ditata sedemikian rupa. Ini diperlukan agar kawasan wisata tersebut memiliki ikon yang menarik bagi para peziarah yang datang setiap hari di lokasi tersebut.

Misalnya saja, ujung gerbang dekat pos penarikan retribusi, tepatnya di taman yang kini tidak terawat itu dapat dibangun karya budaya monumental Sunan Kalijaga, yakni wayang. Demikian disampaikan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Demak, Nur Wahid, kemarin.

Menurutnya, ikon sejarah yang dipoles dengan tamanisasi dikawasan wisata religi termasuk di Masjid Agung Demak memang sangat dibutuhkan sebagai ciri khas Kota Wali. “Demak sebagai Kota Wali ini memiliki sejarah panjang yang tersohor hingga kini. Karena itu, perlu adanya ikon-ikon sejarah yang dimodifikasi dalam arsitektur yang menarik untuk ditampilkan ke publik, termasuk lewat pembangunan taman-taman bersejarah. Jika perlu, diadakan lomba atau sayembara desain ikon tersebut,”katanya.

Selain itu, di Demak perlu ada perpustakaan Raden Fatah yang dibuat besar dan megah serta bangunan replika kapal perang Pati Unus. “ Ide ini semua dalam rangka memoles pembangunan di Demak agar memiliki citra rasa seni budaya yang tinggi dan bernilai sejarah,”kata politisi Partai Golkar tersebut. Ikon-ikon Demak lainnya juga dapat dibangun di perbatasan kota antara Demak-Kudus, Demak-Semarang, Demak-Jepara maupun Demak-Grobogan. (hib/zal)