Pemkab Segera Susun Perda Cagar Budaya

508

“Jadi tidak hanya alamnya saja, wisata edukasi sejarah penting diberikan. Sehingga Wonosobo menjadi paket yang lengkap,” katanya.

Asisten Pembangunan Sekda Amin Suradi mengatakan, program Wonosobo Kota Pusaka nantinya akan diproyeksikan, selain untuk memelihara keberadaan benda cagar budaya di Wonosobo, juga untuk menunjang pariwisata. Didukung oleh panorama alam yang indah, potensi budaya memikat, serta produk unggulan daerah yang khas, menjadikan Kabupaten Wonosobo sebagai daerah kujungan wisata kedua di Jawa Tengah.

“Jumlah wisatawan mencapai 870.000 dan 5.500 di antaranya wisatawan mancanegara, serta telah berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah sebesar Rp 3 miliar pada tahun 2015,” katanya.

Jumlah wisatawan diproyeksikan akan mencapai angka 1.500.000 kunjungan pada 2020 mendatang serta menyumbang PAD lebih dari Rp 5 miliar. Terkait hal ini, maka pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Wonosobo terus diupayakan dengan kebijakan melestarikan nilai-nilai budaya, kelestarian objek wisata terutama cagar budaya, kelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat.

“Pengembangan pariwisata diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat setempat,” katanya. (ali/ton)