Kauman Akan Jadi Kampung Alquran

682

Terkait pencanangan Kampung Alquran itu, kata dia, telah melalui kesepakatan bersama sejumlah tokoh masyarakat dan warga setempat.

”Semua warga Kauman setuju penuh terkait pencanangan sebagai Kampung Alquran. Bahkan sejumlah rumah yang saat ini digunakan ponpes merupakan pemberian warga, atau diwakafkan oleh warga,” kata dia.

Selain aktivitas para santri penghafal Alquran, di kampung tersebut juga terdapat Taman Binaan Alquran, Tilawatil Quran dan tradisi-tradisi lain terkait Alquran yang dilakukan oleh masyarakat setempat. ”Kami berharap, nantinya masyarakat umum akan mengetahui di mana jika ingin belajar Alquran. Di Kampung Kauman Semarang jawabnya. Seperti halnya sebuah kampung di Pare Kediri yang dikenal sebagai Kampung Inggris, yakni tempat belajar bahasa Inggris. Nah, kalau di sini tempat belajar Alquran,” paparnya.

Pencanangan Kampung Alquran rencananya akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan Khataman Al Quran Binnadhor dan Bilghoib yang digelar Ponpes Raudhatul Qur’an, sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H pada Sabtu (6/2) mulai pukul 18.00 mendatang di Jalan Kauman Semarang. Kegiatan tersebut akan dihadiri Wali Kota Semarang terpilih Hendrar Prihadi dan PJ Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto. Saat puncak khataman, rencananya juga akan dihadiri Prof Dr KH Said Agil Sirojd, Ketua Umum PBNU sebagai pembicara atau penceramah. (amu/aro/ce1)