Petani Masih Kekurangan Alsintan

472

Urip berharap bantuan hand tractor untuk petani di Kabupaten Semarang dapat segera mengucur. Sebab, banyak sekali permohonan bantuan hand traktor yang diajukan para petani untuk mengolah lahan. Apalagi saat ini mulai sulit mendapatkan tenaga pengolah lahan.

“Tahun 2016 ini target produksinya 237 ribu ton gabah kering panen. Kalau tahun 2015 lalu kami dapat melampaui target yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat sebanyak 227 ribu ton gabah kering panen, dapat terealisasi 230 ribu ton. Tahun ini kami optimistis mampu melampaui target,” katanya.

Salah seorang anggota kelompok tani Mugi Rahayu Desa Karanganyar Tuntang, Sugiyatno, 67, mengatakan, bantuan alsintan sangat membantu para petani. Sebab saat ini sudah jarang sekali mendapatkan tenaga untuk mengolah sawah. Sementara jika dikerjakan sendiri butuh waktu lama.

“Bertahun-tahun kami bertani, baru kali ini mendapatkan hand tractor. Dengan peralatan seperti ini akan mempercepat dan memperingan tenaga dalam mengolah tanah pertanian. Sehingga produksi padi kelompok kami dapat meningkat,” ungkapnya. (tyo/ida)