Dinkes Demak Imbau Masyarakat Tidak Panik

Terkait Virus Zika

418

DEMAK- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Demak mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan resah terkait adanya virus zika. Sebab, hingga kini di Demak tidak ditemukan virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dari Amerika Latin tersebut. Kendati demikian, petugas kesehatan tetap mewaspadai virus tersebut.

Plt Kepala Dinkes dr Iko Umiyati melalui Humas, Sukardjo SKM MKes mengatakan, virus zika gejalanya mirip dengan demam berdarah dangue (DBD). Selain ditandai dengan nyeri sendi dan timbul bintik merah juga menyebabkan peradangan pada otak. “Virus itu menular melalui nyamuk Aedes sebagai penyebab penyakit demam berdarah. Yang berbahaya virus ini kalau kena ibu hamil. Sebab, bisa menyebabkan timbulnya microchepallus (kepela mengecil) pada janin yang dikandungnya,”katanya, kemarin. Menurutnya, untuk memastikan adanya virus zika ini, dibutuhkan tes khusus di laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sukardjo menambahkan, virus tersebut memang perlu dihindari dan dicegah sebagaimana seperti mencegah demam berdarah. Yaitu, melalui proses 3 M. Menguras dan menutup bak mandi serta menimbun barang bekas. “Selain itu, hindari saat rawan munculnya nyamuk aedes ini, yakni ketika pagi hari dan sore. Kalau tidur gunakan obat nyamuk sesuai standar yang ada,” himbaunya.

Agar kondisi tetap fit, maka harus makan yang bergizi sehingga menambah kekebalan tubuh. “Yang jelas, terkait dengan virus zika ini, kita tetap waspada dan menunggu informasi dan kejelasan secara langsung dari Kemenkes. Setelah itu, kita sampaikan edaran ke puskesmas puskemas terkait masalah virus tersebut,” imbuhnya. (hib/zal)