Tangkal Zika dengan Ronda Jentik

410

”Kalau tidak ada jentik, tidak ada nyamuk. Jika tidak ada nyamuk, tidak ada DBD. Oleh karena itu, mari kita pastikan di rumah kita tidak ada jentik nyamuk dengan memantau tempat penampungan air,” paparnya.

Pihaknya tidak menyarankan memberantas nyamuk menggunakan fogging. Cara pengasapan menggunakan obat ini kurang efektif karena hanya membasmi nyamuk dewasa, bukan jentiknya. ”Selain itu, fogging juga mematikan serangga-serangga yang menjadi indikator ekosistem di lingkungan sekitar,” tegasnya.

Meski begitu, jumlah penderita di Kota Semarang justru menurun. Di RSUD Tugurejo, penderita DBD malah mengalami penyusutan dari tahun sebelumnya. Humas RSUD Tugurejo Endrawan menerangkan, selama bulan Desember hingga pertengahan Januari, total pasien di RSUD mencapai 74 orang. Angka itu terdiri atas 32 pasien rawat inap pada Desember dan 22 pasien lainnya rawat jalan.

”Sementara pada bulan Januari, ada 14 pasen dirawat inap dan 6 pasien lain dirawat jalan. Pasien DBD didominasi anak berumur di bawah usia 14 tahun. Hanya 6 pasien merupakan kelompok usia dewasa. Penurunannya sampai 50 persen lebih,” jelasnya.

Endrawan membandingkan tren penurunan ini dengan tren peningkatan pasien DBD tahun lalu. Pada Desember 2013, jumlah pasien DBD sebanyak 61 orang, meningkat pada Januari 2014 menjadi 70 orang, Februari 77 orang, dan puncaknya pada Maret 80 orang. (amh/ric/ce1)