3 Senpi Lapas Tak Layak Pakai

789

KENDAL –Jajaran Polres Kendal bersama Kodim Kodim 0715 melakukan evaluasi dan pengecekan senjata api (senpi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B, Plantungan Kendal. Hasilnya ditemukan 3 senpi dinyatakan rusak.

“Dari hasil pengecekan senjata api kali ini, kita menemukan ada beberapa senjata yang sudah tidak layak pakai ataupun rusak. Kerusakan tersebut antara lain ada di bagian kokang dan peer yang sudah tidak bagus,” ujar Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf Pieter Dwi Ardianto, kemarin.

Beberapa jenis senpi yang dimiliki Lapas Plantungan Kendal ini diantaranya jenis revolver dan P3 Pindad. Selian itu senjata laras panjang yang biasanya digunakan untuk keamanan seperti huru-hara. “Revolver sebanyak dua pucuk, kemudian jenis Laras Panjang (LA) satu pucuk yang sudah tidak bisa digunakan. Sedangkan kondisi senpi lainnya masih layak, tapi memang butuh perawatan,” tuturnya.

Terhadap senpi yang rusak, pihaknya memberikan saran pihak lapas senantiasa rutin melakukan pengecekan dan perbaikan senpi. Selain itu pihak lapas diminta melaporkannya ke Satuan yang lebih tinggi, yakni Kantor Menkumham agar senjata rusak ditarik dan diganti.

Pieter Dwi Ardianto mengatakan pengecekan senjata api ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi keberadaan senjata yang tersimpan di gudang penyimpanan dalam Lapas tersebut. “Pengecekan senjata ini merupakan kegiatan rutin guna mengetahui kondisi senjata yang terpakai dan tersimpan di gudang penyimpanan. Sebelumnya sudah pernah dilakukan di Lapas Kendal Kota dan ini yang kedua kalinya yakni di Lapas Plantungan,” jelasnya.